Marginalisasi peran ibu dalam tampilan iklan susu (studi semiotika pada tayangan iklan susu vidoran xmart)

Novi, Novi (2015) Marginalisasi peran ibu dalam tampilan iklan susu (studi semiotika pada tayangan iklan susu vidoran xmart). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (910kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Tidak dapat dipungkiri Televisi dengan masyarakat begitu dekat, karena televisi merupakan medium yang memiliki pengaruh yang kuat dalam membentuk sikap dan kepribadian baru dalam masyarakat luas, sehingga mengundang banyak pihak terutama produsen barang dan jasa, atau industri manufaktur untuk memanfaatkan televisi sebagai media yang efektif dalam menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat dan sekaligus bertujuan untuk mempersuasi orang agar mau membeli. Pada penelitian ini, peneliti memiliki ide untuk membahas tayangan iklan yang ada di dalam media televisi, tayangan iklan tersebut adalah tayangan iklan susu vidoran xmart. Peneliti mengambil tayangan iklan tersebut karena mendapati adanya upaya iklan untuk mengkonstruksikan realitas sosial yang cenderung mengesampingkan peran ibu dalam tumbuh kembang anak. tayangan iklan susu tersebut seolah – olah dapat membuat seorang anak memiliki inisiatif, tangguh, mandiri dan sebagainya karena mengkonsumsi susu vidoran xmart. Realitas iklan televisi merupakan gambaran terhadap sebuah dunia yang hanya ada di dalam televisi, karena realitas itu dibangun berdasarkan pada gambaran realitas seorang copywriter dan visualiser tentang dunia atau citra suatu produk yang diinginkan. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui marginalisasi peran ibu dalam tampilan iklan susu ( studi semiotika pada tayangan iklan susu vidoran xmart ). Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan paradigma penelitian konstruktivis dan di dalam proses penelitian ini peneliti menggunakan pisau analisis semiotika Roland Barthes karena memungkinkan peneliti dalam menganalisis dua tahapan makna yaitu denotatif dan konotatif, dari mise en scene yang ada pada tayangan iklan susu vidoran xmart. Unit analisis untuk mengungkap marginalisasi peran seorang ibu adalah visual yang meliputi kata – kata narasi dan copy writer / statement serta non visual yang meliputi aktivitas dalam adegan dan pose. Iklan susu vidoran xmart seharusnya bisa menjadi cerminan yang positif bagi masyarakat luas bukan untuk meminggirkan peran seorang ibu yang sebenarnya memiliki peran yang sangat penting dalam proses pertumbuhan seorang anak, bukan hanya semata – mata seolah hanya karena sebuah susu. Seorang anak dapat tumbuh menjadi seorang anak yang cerdas dll karena adanya peran seorang ibu dalam setiap pertumbuhan sang anak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Jul 2017 09:26
Last Modified: 07 Jun 2022 03:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item