UMN Knowledge Center

Rancang Bangun Chatbot untuk Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cikupa di Platform Line

Hapsari Diyah Sitoresmi, Mustikaning (2019) Rancang Bangun Chatbot untuk Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cikupa di Platform Line. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (835kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (864kB) | Preview

Abstract

Kantor Pelayanan Pajak Pratama sudah menggunakan teknologi dalam penyampaian informasi mengenai pajak, seperti adanya situs portal resmi pelayanan pajak sebagai wadah penyampaian informasi tentang syarat, pengumuman serta kententuan terkait pajak bagi masyarakat umum. Di samping itu juga ada aplikasi online yang berada dibawah naungan Direktorat Jenderal Pajak yang berperan sebagai layanan yang berhubungan dengan pelaporan pajak secara online bagi khalayak umum. Akan tetapi, Kantor Pelayanan Pajak Pratama belum mempunyai layanan yang membantu pengguna dalam memperoleh informasi mengenai pajak, karena itu dibuatlah sebuah aplikasi chatbot yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar pajak. Chatbot ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor dan basis data menggunakan MySQL serta bahasa Artificial Intelligence Markup Language yang berisi kumpulan pola dan respon yang dapat digunakan oleh chatbot untuk penelusuran jawaban setiap kalimat. Metodologi pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode Rapid Application Development (RAD). Penelitian ini menghasilkan aplikasi chatbot yang bisa membantu user dengan menjawab pertanyaan seputar pajak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligence Markup Language, Chatbot, Rapid Application Development
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T70 Information System
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 10:02
Last Modified: 05 Mar 2020 04:29
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10076

Actions (login required)

View Item View Item