UMN Knowledge Center

Rancang Bangun Chabot Pusat Informasi untuk LINE UMN SI Official Account

Santi Della, Stefany (2019) Rancang Bangun Chabot Pusat Informasi untuk LINE UMN SI Official Account. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (976kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (975kB)
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Program Studi Sistem Informasi di Universitas Multimedia Nusantara telah menggunakan LINE Official Account untuk membantu proses komunikasi program studi Sistem Informasi. Tetapi, sebagai pusat informasi kinerja LINE Official Account UMN SI masih terbatas karena kurang responsive dan kurang cepat tanggap dalam berkomunikasi dengan mahasiswa sehingga mahasiswa harus menunggu cukup lama untuk memperoleh respon yang diinginkan. Selain itu, jumlah mahasiswa yang semakin banyak, menyebabkan banyaknya pertanyaan yang sama ditanyakan berulang. Masalah tersebut menjadi latar belakang dalam penelitian perancangan chatbot ini. Dalam penelitian ini metode Rapid Application Development (RAD) digunakan sebagai metode pengembangan sistemnya. Menggunakan Artificial Intelligence Markup Language (AIML) untuk pembuatan chatbot dan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL. Chatbot LINE Official Account UMNSI telah berhasil dibuat dan telah melewati tahap pengujian menggunakan metode User Acceptance Test (UAT) dengan dosen selaku admin dan mahasiswa selaku user. Pada tahap pengujian, chatbot sudah dapat merespon seluruh pertanyaan dengan memberikan jawaban yang sesuai dan benar.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligence Markup Language (AIML), chatbot, Rapid Application Development (RAD)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T70 Information System
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 09:23
Last Modified: 05 Mar 2020 08:12
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10158

Actions (login required)

View Item View Item