UMN Knowledge Center

Analisis Stickiness Aplikasi Whatsapp pada Generasi Y dan Z Menggunakan Structural Equation Modelling

Jeremy Soebianto Loekas Atmadi, Teofilus (2019) Analisis Stickiness Aplikasi Whatsapp pada Generasi Y dan Z Menggunakan Structural Equation Modelling. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi membuat penggunaan teknologi dan mobile application menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari manusia. Namun kepribadian dari mobile application tersebut belum diperiksa secara rinci. Salah satu jenis mobile application yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah tentang media sosial, karena masyarakat Indonesia menghabiskan waktu penggunaan internet paling banyak pada media sosial. Whatsapp merupakan salah satu platform pesan singkat/instant messaging yang memiliki pengguna aktif paling banyak di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel apa saja yang mempengaruhi stickiness antara generasi Y dan Z. Model yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model yang telah dimodifikasi pada penelitian sebelumnya yang telah dilakukan oleh (Hsu & Lin, 2016; Lin, 2007) tentang stickiness. Metode yang digunakan untuk menganalisis data yang akan digunakan adalah metode SEM (Structural Equation Modelling). Hasil dari kuesioner dengan total 446 responden dari generasi Y dan Z yang berdomisili di Pulau Jawa, Indonesia. Hasil dari responden generasi Y menunjukkan bahwa hedonic value, content, dan infrastructure memiliki pengaruh terhadap attitude yang merupakan variabel mediasi stickiness. Sedangkan hasil dari responden generasi Z menunjukkan bahwa hedonic value dan infrastructure memiliki pengaruh terhadap attitude yang merupakan variabel mediasi stickiness.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: instant messaging, mobile application, mobile stickiness, structural equation modelling, Whatsapp
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T70 Information System
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 09:20
Last Modified: 05 Mar 2020 08:16
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10163

Actions (login required)

View Item View Item