Analisis Strategi Branding PT Toffin Indonesia dalam Meningkatkan Brand Awareness

Amelia, Amelia (2019) Analisis Strategi Branding PT Toffin Indonesia dalam Meningkatkan Brand Awareness. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari meningkatnya tingkat konsumsi kopi di Indonesia setiap tahunnya dan memicu pertumbuhan industri kopi di Indonesia dengan banyaknya kedai kopi yang beroperasi yang memengaruhi kebutuhan kedai kopi untuk memiliki peralatan dan mesin kopi. Bertumbuhnya industri kopi di Indonesia memberikan peluang bagi PT Toffin Indonesia sebagai salah satu pemasok di industri kopi atau B2B sebagai penyedia mesin kopi, alat-alat kopi, konsultasi bisnis, pelatihan sumber daya manusia, dan servis. Dengan peluang ini, PT Toffin Indonesia memiliki strategi branding agar menjadi brand yang top of mind dalam bersaing dengan brand lainnya. Strategi branding yang dilakukan meliputi public relations, workshop, dan kompetisi barista yang diadakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tahapan konsep strategi branding oleh Kotler yang meliputi brand planning, brand analysis, brand strategy, brand building, dan brand audit. Konsep yang digunakan adalah strategi branding B2B oleh Kotler dan model brand awareness pyramid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan in-depth interview dan studi kepustakaan. Hasil penelitian akan diuji dengan construct validity. Partisipan penelitian ini adalah Ario Fajar, selaku Head of Marketing PT Toffin Indonesia dan Aulia Haryadi, selaku Public Relations PT Toffin Indonesia. Secara umum, Toffin telah menjalankan strategi branding B2B sesuai dengan konsep Kotler, tetapi ada beberapa unsur yang tidak dijalankan oleh Toffin, seperti audit eksternal yang hanya menggunakan aplikasi analitik, bukan menyebarkan kuesioner atau melakukan FGD, sehingga pengetahuan Toffin terhadap tingkat brand awareness konsumen terbatas.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: B2B, brand, industri kopi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 06:13
Last Modified: 14 Apr 2023 03:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10576

Actions (login required)

View Item View Item