Model Infografis Berita di Tempo.co : Analisis Isi Infografis Kanal Grafis.tempo.co Tahun 2018

Natassha, Natassha (2019) Model Infografis Berita di Tempo.co : Analisis Isi Infografis Kanal Grafis.tempo.co Tahun 2018. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (906kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi memunculkan bentuk baru dalam dalam menyampaikan informasi yang salah satunya berupa infografis. Infografis maupun visualisasi data merupakan dua hal yang sama ketika berbicara mengenai komunikasi dalam bentuk visual. Visualisasi data sendiri merupakan satu tahap dari konsep yang disebut sebagai jurnalisme data. Penelitian ini menganalisis sejumlah visualisasi data berbentuk infografis dari media online di Indonesia, yaitu Tempo.co. Analisis menjadi penting karena infografis merupakan poin utama dari masa depan media. Perubahan dalam perilaku pembaca di era digital membuat semua hal akan lebih mudah jika disajikan dalam bentuk visual. Tempo merupakan media yang lahir pada 1971. Versi online-nya berupa Tempo.co merupakan salah satu pionir untuk konsep jurnalisme data. Tempo sudah mengembangkan konsep jurnalisme data sejak lama dengan memiliki Pusat Data dan Analisis Tempo (PDAT). Penelitian dengan metode analisis isi kuantitatif ini akan menganalisis infografis Tempo.co dalam kanal grafis.tempo.co sepanjang tahun 2018 dengan dengan total 406 sampel. Penelitian ini mengkategorikan tiap sampel ke dalam aspek: (1) Nilai Berita, (2) Bentuk Berita, (3) Topik Berita, (4) Sumber Data, (5) Bentuk Visualisasi, (6) Cerita Visualisasi Data, (7) Fungsi Visualisasi, dan (8) Bentuk Infografis guna menemukan model infografis yang Tempo.co gunakan dalam menyajikan informasi terhadap peristiwa yang terjadi selama setahun. Beberapa konsep seperti jurnalisme online, infografis sebagai karya jurnalistik, jurnalisme data, dan efektivitas pesan melalui infografis digunakan sebagai pendekatan konsep penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model infografis berita di Tempo.co sudah cukup beragam tapi masih kurang dalam aspek sumber data dan bentuk infografis. Sumber data riset mandiri masih mendominasi dengan total 221 infografis. Sedangkan bentuk infografis hanya dibuat ke dalam bentuk statis secara keseluruhan (406 infografis).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: media online, jurnalisme data, visualisasi data, infografis, analisis isi, Tempo.co
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 06:08
Last Modified: 28 Apr 2023 05:23
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10587

Actions (login required)

View Item View Item