Pengaruh Strategi Respons Krisis terhadap Reputasi Pasca-Krisis Tokopedia pada Kasus Kecurangan Flash Sale : Studi Eksperimental pada Pengguna Tokopedia di Jakarta

Fransiska, Suci (2019) Pengaruh Strategi Respons Krisis terhadap Reputasi Pasca-Krisis Tokopedia pada Kasus Kecurangan Flash Sale : Studi Eksperimental pada Pengguna Tokopedia di Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (938kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Tahun 2016, total usaha e-commerce di Indonesia mencapai 26,2 juta unit dan terus meningkat. Untuk memenangkan persaingan yang ketat, e-commerce melakukan berbagai kegiatan promosi, salah satunya melalui strategi flash sale. Flash Sale berhasil menarik konsumen dalam jumlah yang besar. Namun, besarnya minat ini tidak diiringi dengan kapasitas pihak penyelenggara, sehingga muncul banyak komentar negatif dari konsumen. Melihat hal ini terjadi, para e- commerce tidak tinggal diam. Namun, tanggapan yang paling banyak menarik perhatian media dan menuai komentar positif adalah tanggapan Tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi respons krisis yang diambil Tokopedia memiliki perbedaan signifikan dibanding strategi lainnya dari postur yang sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan metode eksperimen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketika diukur menggunakan skala ORS Coombs & Holladay, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara strategi compensation, partial apology, full apology, dan partial apology- reminding dalam memengaruhi reputasi pasca-krisis Tokopedia. Ketika reputasi diukur secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan. Perbedaan yang paling signifikan dihasilkan oleh strategi compensation. Dibandingkan dengan strategi lainnya, strategi compensation menghasilkan poin reputasi perusahaan yang lebih rendah dengan perbedaan rata- rata -0,179 poin dari strategi partial apology dan partial apology-reminding, serta -0,232 poin dari strategi full apology.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: komunikasi krisis, strategi respons krisis, Tokopedia, reputasi organisasi, SCCT
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 05:38
Last Modified: 26 Apr 2023 02:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/10652

Actions (login required)

View Item View Item