UMN Knowledge Center

Pengaruh Penggunaan dan Terpaan Media Sosial terhadap Tingkat Perubahan Sikap (Studi Kasus Kampanye #PantangPlastik di Instagram @Greenpeaceid)

Adhitya Apriliana, Mega (2019) Pengaruh Penggunaan dan Terpaan Media Sosial terhadap Tingkat Perubahan Sikap (Studi Kasus Kampanye #PantangPlastik di Instagram @Greenpeaceid). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada isu hangat, yaitu pentingnya mengurangi penggunaan sampah plastik, sehingga beberapa negara menjalankan aksi menjaga lingkungan. Sementara itu, Indonesia pada saat ini mulai menggerakan beberapa aksi perubahan lingkungan yang positif mengenai pengurangan sampah plastik. Salah satunya Lembaga Swadaya Masyarakat Greenpeace Indonesia. Greenpeace Indonesia menggunakan media sosial salah satunya Instagram untuk menyalurkan aksi positifnya yaitu berkampanye mengenai tagar #PantangPlastik. Kampanye tersebut tentunya untuk menciptakan perubahan yang positif seperti perubahan sikap untuk tidak menggunakan sampah plastik atau mengurangi penggunaan sampah plastik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial di akun Instagram Greenpeace Indonesia (@greenpeaceid) terhadap tingkat perubahan sikap mengurangi penggunaan plastik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif dengan metode survei. Survei dilakukan pada pengikut (followers) Instagram @greenpeaceid. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel penggunaan media sosial (X1) dan variabel terpaan media (X2) mempengaruhi variabel tingkat perubahan sikap (Y) sebesar 0,509 atau 50,9%. Sedangkan 49,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diketahui dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media sosial, Sikap, Kampanye, Greenpeace Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 05:26
Last Modified: 10 Jan 2020 05:56
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/10680

Actions (login required)

View Item View Item