UMN Knowledge Center

Proses keterbukaan diri anak indigo dalam pertemanan dengan sesama anak indigo dan bukan indigo

Subari, Michelle (2014) Proses keterbukaan diri anak indigo dalam pertemanan dengan sesama anak indigo dan bukan indigo. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (767kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pertemanan merupakan hal yang penting bagi masing-masing orang. Teman menjadi orang terpenting setelah keluarga. Salah satu kompetensi terpenting dalam pertemanan adalah keterbukaan diri. Dengan keterbukaan diri seseorang dapat mengenal seseorang jauh lebih dalam lagi. Bagi anak indigo memiliki kemampuan yang berbeda dengan masyarakat umumnya, membuat anak indigo mendapatkan stereotype yang berbeda-beda, bahkan dari temannya sendiri. Judul penelitian ini adalah “Proses Keterbukaan Diri Anak Indigo Dalam Pertemanan Dengan Sesama Anak Indigo Dan Bukan Indigo”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana komunikasi interpersonal terkait proses keterbukaan diri (self disclosure) anak indigo dalam pertemanan dengan sesama anak indigo dan bukan indigo. Penelitian ini menggunakan konsep self disclosure, komunikasi antarpribadi, dan pertemanan. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan paradigma konstruktivisme, karena penelitian ini berusaha memahami, melakukan rekonstruksi tindakan sosial, serta menggambarkan makna tindakan sosial yang terjadi pada anak indigo. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari dua anak indigo sebagai key informan, tiga orang teman dari masing-masing anak indigo tersebut, di mana dua orang merupakan anak indigo dan satu orang bukan anak indigo, serta satu informan ahli. Keabsahan data dalam penelitian ini diperiksa menggunakan analisis triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses keterbukaan diri anak indigo kepada temannya yang sesama anak indigo maupun bukan anak indigo berbeda satu sama lainnya. Anak indigo cenderung lebih cepat dan lebih dalam membuka dirinya kepada sesama anak indigo. Waktu pertemanan tidak menjadi faktor penting dalam proses keterbukaan diri anak indigo kepada sesama anak indigo maupun bukan anak indigo.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media > P94.7 Interpersonal communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 18 Jul 2017 02:38
Last Modified: 27 Sep 2017 08:40
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1078

Actions (login required)

View Item View Item