Implementasi Bully Algorithm untuk Pemilihan Leader pada Sistem Private Blockchain

Anthony, Markus (2019) Implementasi Bully Algorithm untuk Pemilihan Leader pada Sistem Private Blockchain. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Leader dalam sistem private blockchain berguna sebagai acuan data yang tersimpan dalam blockchain. Leader tersebut dapat dinyatakan terputus dari sistem apabila terdapat node yang tidak menerima heartbeat dari leader.Pada saat leader terputus dari sistem, node akan menjalanakan algoritma untuk leader election. Namun, proses leader election dapat terganggu dengan adanya majority attack. Maka dari itu, penelitian ini menerapkan bully algorithm sebagai algoritma untuk leader election. Pemilihan bully algorithm dikarenakan bully algorithm memilih node dengan point tertinggi tanpa terpengaruhi oleh banyaknya jumlah node. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bully algorithm dapat diterapkan pada sistem private blockchain, namun belum bisa mengatasi majority attack karena belum dilakukan pengecekan pada saat penerimaan "coordinator message".

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: bully algorithm, coordinator message, heartbeat, leader, majority attack, node, private blockchain
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Computer Engineering
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 03:02
Last Modified: 10 May 2023 05:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11038

Actions (login required)

View Item View Item