Kompetensi Komunikasi Multikultural dalam Ruang Lingkup Pendidikan (Studi Kasus Wall Street English di Central Park dan Pondok Indah Mall)

Felicia, Felicia (2019) Kompetensi Komunikasi Multikultural dalam Ruang Lingkup Pendidikan (Studi Kasus Wall Street English di Central Park dan Pondok Indah Mall). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL (1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA (1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (971kB)
[img] Text
BAB_I (1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (977kB)
[img] Text
BAB_II (1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III (1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_IV (1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V (1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (908kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pada era globalisasi ini setiap orang memiliki kesempatan untuk berpergian ke luar negeri baik itu untuk berwisata, bekerja, maupun melanjutkan studi mereka. Dalam konteks pendidikan, orang-orang yang memilih untuk melanjut studinya di luar tentunya harus memiliki kompetensi komunikasi antarbudaya. Jika tidak memiliki kompetensi komunikasi antarbudaya tersebut maka bisa saja mereka mengalami gegar budaya (cultur shock). Kompetensi multikultural juga diperlukan karena di dalam ruang pembelajaran multikultural sering dihadapkan pada masalah- masalah seperti stereotip, prasangka, rasisme, dan etnosentris. Hal ini memberikan dampak kepada proses pembelajaran yang menjadi kurang efisien dan cenderung tidak mengakomodir adanya perbedaan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hambatan dan kompetensi yang ada pada salah satu tempat khursus Bahasa Inggris yaitu Wall Street English. Peneltian ini menggunakan paradigma post- positivis, jenis dari penelitian ini adalah kualitatif, dan bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi akomodasi dengan metode studi kasus. Informan dari penelitian ini terdiri dari empat orang yang terbagi menjadi dua orang guru native yang berasal dari Amerika dan dua murid didiknya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada hambatan-hambatan komunikasi antarbudaya yang dialami diantaranya yaitu adanya perbedaan bahasa, perbedaan pola komunikasi, perbedaan budaya waktu, dan perbedaan gaya mengajar. Untuk mengatasi perbedaan budaya yang ada, menurut data hasil penelitian native teacher lebih banyak meggunkan strategi divergensi non-verbal, sedangkan muridnya lebih banyak menggunakan strategi konvergensi baik secara verbal maupun non-verbal untuk menyesuaikan diri dalam ruang kelas multikultural.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kompetensi, Komunikasi Antarbudaya, Ruang Kelas Multikultural
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Dec 2019 01:59
Last Modified: 18 Apr 2023 08:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11192

Actions (login required)

View Item View Item