Strategi Komunikasi Kompasiana sebagai Wadah bagi Komunitas melalui Event Indonesia Community Day 2018

Christiana Jaya, Yenny (2019) Strategi Komunikasi Kompasiana sebagai Wadah bagi Komunitas melalui Event Indonesia Community Day 2018. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (974kB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (930kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (19MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (905kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Kompasiana adalah salah satu platform digital yang bergerak dalam pemanfaatan blog. Dalam perjalanannya, Kompasaiana juga mewadahi komunitas sebagai aset perusahaan yang dapat berinteraksi secara online maupun offline. Melalui event Indonesia Community Day 2018, Kompasiana mengundang seluruh komunitas di Indonesia untuk berkumpul dan melakukan aksi positif yang dapat memberikan kontribusi bagi lingkungan. Melalui event ini juga Kompasiana launching program baru yaitu COMMA sebagai suatu program yang memberikan kesempatan kepada komunitas untuk dapat berkolaborasi dengan brand. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dan studi dokumen. Dalam melakukan analisis terhadap strategi komunikasi yang digunakan, peneliti menggunakan konsep Event Management dari Joe Goldblatt dan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi community relations melalui event management Kompasiana dapat menggandeng komunitas baru di luar Kompasiana dan menindaklanjuti kolaborasi komunitas dengan brand melalui program COMMA. Adapun hambatannya dalam proses research dan publikasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Community Relations, Event, Kompasiana, Komunitas
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2019 01:52
Last Modified: 17 Apr 2023 01:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11209

Actions (login required)

View Item View Item