Rancang Bangun Aplikasi Kepanitiaan Kegiatan Mahasiswa dengan Metode Scrum dan Algoritma Priority Scheduling (Studi Kasus : Himpunan Universitas Multimedia Nusantara)

Rahma Febryani, Ang, (2018) Rancang Bangun Aplikasi Kepanitiaan Kegiatan Mahasiswa dengan Metode Scrum dan Algoritma Priority Scheduling (Studi Kasus : Himpunan Universitas Multimedia Nusantara). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (833kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (850kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Universitas merupakan kunci utama dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki hard dan soft skill, yang dapat dilatih dengan kegiatan akademik dan non akademik seperti kegiatan kemahasiswaan. Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan, dibentuklah sebuah struktur kepanitiaan. Dibutuhkan alat yang bisa mempermudah pengawasan, mengontrol dan melacak progress dari pekerjaan yang ada dalam kegiatan kepanitiaan. Dibuatlah aplikasi yang mengimplementasikan metode Scrum dan algoritma priority scheduling. Aktifitas Scrum yang diterapkan adalah Product Backlog, Sprint dan Daily Scrum. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Waterfall dan menggunakan framework Ionic. Metode pengumpulan data untuk mendapatkan kebutuhan dari user dilakukan dengan wawancara dan kuesioner kepada ketua himpunan dan staff kemahasiswaan Universitas Multimedia Nusantara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, aplikasi kepanitiaan kegiatan mahasiswa dengan metode Scrum dan algoritma priority scheduling telah berhasil dirancang dan dibangun. Dari hasil wawancara dengan ketua himpunan, supervisi fakultas, dan staff kemahasiswaan, rata-rata penilaian aplikasi yaitu 85 poin. Selain itu, didapatkan hasil rata-rata skor evaluasi System Usability Scale (SUS) sebesar 73,69 poin. Berdasarkan kisaran skor SUS, hasil rata-rata skor sebesar 73.69 poin sudah melebihi batas minimal dan mendapatkan nilai `Acceptable' di kisaran rating penerimaan, nilai `Good' di kisaran rating adjektif dan masuk ke kisaran kuartil ketiga.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kepanitiaan, Scrum, Priority Scheduling, Ionic, System Usability Scale
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Dec 2019 03:01
Last Modified: 09 Aug 2023 05:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11268

Actions (login required)

View Item View Item