Implementasi Virtual Asisten "Tasia" sebagai Strategi ELectronic Customer Relationship Management Auto2000

Pungkasari, Endang (2019) Implementasi Virtual Asisten "Tasia" sebagai Strategi ELectronic Customer Relationship Management Auto2000. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Tingkat pembelian yang tinggi terhadap kendaraan bermotor di Indonesia menjadikan bisnis di bidang dealer atau penjualan kendaraan otomotif tumbuh berkembang secara subur. Banyaknya pelaku bisnis yang menekuni bidang ini tentu membuat pelaku bisnis dealer otomotif berlomba memberikan pelayanan terbaik untuk mempertahankan para customer. Sebagai salah satu dealer otomotif yang memiliki cabang hampir di seluruh Indonesia, Auto2000 berupaya memberikan pelayanan terbaik melalui virtual asisten berbasis kecerdasan buatan yang dijuluki "Tasia" bagi para customer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan "Tasia" sebagai strategi E-CRM yang dilakukan oleh Auto2000. Penelitian ini mengacu pada model value chain dari Buttle yang diterapkan untuk memberikan pelayanan kepada customer. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus Robert K. Yin. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap narasumber yang dianggap relevan dengan penelitian ini, data juga dianalisis menggunakan teknik reduksi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan yang dilakukan Auto2000 dengan menggunakan "Tasia" membangun dan menambah kedekatan perusahaan dengan customer (customer intimacy) karena komunikasi dua arah berjalan dengan mudah dan cepat. Namun untuk proses pembuatan dari sistem chatbot Tasia, Auto2000 masih harus bekerjasama dengan tim IT eksternal yang sudah menguasai sistem tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: CRM, E-CRM, Chatbot, Auto2000, Otomotif
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Dec 2019 08:23
Last Modified: 02 May 2023 02:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11644

Actions (login required)

View Item View Item