Pengaruh Konten Iklan Kampanye Digital Jokowi-Amin terhadap Sikap Politik Pemilih Pemula dalam Pilpres 2019 (Survei terhadap Followers Account Instagram @Jokowi.Amin)

Sastra, Calvin (2019) Pengaruh Konten Iklan Kampanye Digital Jokowi-Amin terhadap Sikap Politik Pemilih Pemula dalam Pilpres 2019 (Survei terhadap Followers Account Instagram @Jokowi.Amin). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Menjelang pemilu 2019, dari berbagai kampanye di media yang ada, iklan menjadi salah satu yang percaya oleh para elit politik untuk menarik pilihan masyarakat. Pada pemilihan umum tahun 2019 ini, kegiatan kampanye yang dilakukan para kandidat maupun tim pemenangan berlomba-lomba merebut hati para pemilih pemula. Pemilih pemula memiliki potensi besar untuk para partai politik sebab menurut data KPU, dari jumlah sekira 192 juta orang dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2019, diperkirakan terdapat sekira 40 juta orang yang akan mengikuti pemilu untuk pertama kalinya. Penelitian ini didasari oleh teori perbedaan individu yang menyatakan bahwa individu merespons secara berbeda terhadap media massa sesuai dengan kebutuhan psikologis mereka, dan bahwa individu mengonsumsi media massa untuk memenuhi kebutuhan tersebut, jadi efek yang didapatkan oleh khalayak tidak seragam melainkan sangat beragam dengan disebabkan oleh karakter individual yang berbeda satu dengan yang lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan iklan kampanye Jokowi-Amin memiliki hubungan pengaruh yang kuat, dilihat dari signifikansinya 0,000>alpha (0,05). Hubungan terpaan iklan kampanye Jokowi-Amin terhadap tingkat partisipasi politik pemilih pemula sebesar (R) 0,687. Sedangkan koefisien determinasi atau Rsquare sebesar 0,472 atau 47.2% terpaan iklan kampanye Jokowi-Amin memiliki kemampuan dalam menjelaskan variabel tingat partisipasi politik pemilih pemula. Sedangkan sisanya yaitu 52.8 dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: terpaan iklan kampanye, partisipasi politik, teori perbedaan individu
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2019 08:14
Last Modified: 10 May 2023 02:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11658

Actions (login required)

View Item View Item