UMN Knowledge Center

perancangan kampanye sosial untuk meningkatkan kesadaran akan vaksinasi campak

Wijaya, Kevin (2018) perancangan kampanye sosial untuk meningkatkan kesadaran akan vaksinasi campak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
bab iii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (821kB)
[img] Text
bab v.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (835kB)
[img] Text
halaman awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
bab i.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (721kB)
[img] Text
bab ii.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Campak merupakan salah satu penyakit menular yang paling mematikan, yang menjangkit jutaan anak tiap tahunnya. Vaksinasi merupakan pencegahan terbaik terhadap campak. Akan tetapi, dewasa ini penggunaan vaksin banyak berkurang karena banyaknya hoax atau miskonsepsi seputar vaksin. Hal ini mengakibatkan angka vaksinasi di Indonesia terus menurun, dan angka campak terus meningkat. Perancangan kampanye ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan vaksinasi campak bagi masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, wawancara dengan petugas-petugas kesehatan dan kementerian kesehatan, kuisioner, dan existing study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase vaksinasi campak di Indonesia berada di bawah batas aman menurut World Health Organization. Perancangan kampanye sosial ini mengedepankan motivasi positif dan ajakan dibandingkan menggunakan ancaman dan rasa takut. Hal ini ditampilkan melalui namanya, “ABC – Aku Bebas Campak,” yang dirancang agar memberikan kesan bahwa menciptakan masyarakat yang lebih sehat adalah “semudah A-B-C.” Warna utama yang digunakan adalah biru pastel kehijauan untuk merepresentasikan kesehatan, harmoni, dan kepercayaan. Media yang digunakan dalam kampanye adalah poster, media sosial, brosur, banner, penyuluhan, dan merchandise. Dengan merancang kampanye menggunakan motivasi positif, masyarakat jadi lebih siap menerima pesan yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: N Fine Arts
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Desain Komunikasi Visual
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 17 Jan 2020 02:51
Last Modified: 17 Jan 2020 02:51
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/11878

Actions (login required)

View Item View Item