perancangan signage stasiun transit commuter line

Giovani, Marcella (2018) perancangan signage stasiun transit commuter line. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
MarcellaGiovani_14120210296_LaporanTA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Stasiun Transit Commuter Line merupakan tempat bagi penumpang yang hendak transit menuju stasiun lain, stasiun ini berfungsi memberangkatkan serta mendatangkan penumpang dari berbagai tempat, dengan jumlah minimal 2 jalur. Melihat penumpang yang diberangkatkan dari berbagai kota (Jabodetabek) dan tempat, ditambah dengan volume penumpang yang terus meningkat setiap tahunnya, maka diperlukan petunjuk yang efektif bagi penumpang yang berhenti di stasiun. Namun, signage yang terdapat di setiap stasiun transit berbeda-beda dan masih kurang jelas, sehingga menyebabkan pengunjung stasiun bingung menemukan fasilitas yang dibutuhkan, hal ini didukung dengan hasil kuisioner dan wawancara yang dilakukan langsung kepada kepala stasiun dan juga penumpang Commuter Line, yang menyatakan mereka kerap kebingungan, ditambah dari pihak stasiun mengiyakan bahwa banyak pengunjung yang menanyakan letak toilet, mushola, loket, peron, maupun pintu keluar kepada petugas walaupun sudah terdapat signage disana. Oleh karena itu, perancangan signage Stasiun Transit Commuter Line yang efektif dan seragam dibutuhkan, dengan harapan pengunjung dapat mengenali signage yang ada dan mereka dapat mengarahkan diri mereka sendiri untuk menemukan fasilitas yang dibutuhkan tanpa memakan waktu lama.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:17
Last Modified: 12 Jun 2023 06:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/11894

Actions (login required)

View Item View Item