Peran Content Writer dan Editor Assistant di Showbiz Indonesia

Gunardi, Robert (2017) Peran Content Writer dan Editor Assistant di Showbiz Indonesia. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
LAP. MAGANG ROBERT GUNARDI 12140110262.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (107MB)

Abstract

Perkembangan internet sangatlah pesat dan tidak terasa telah menjadi bagian hidup pada sebagian besar orang, termasuk di Indonesia. Hal tersebut memaksa organisasi, baik yang berorientasi keuntungan atau tidak, mengintegrasikan internet ke dalam pelaksaanaan kerja mereka. Hal tersebut tidak terkecuali lembaga media. Di mana semakin orang makin banyak menggunakan internet dalam aktivitas kesehariannya, media pun harus beradaptasi dan didirikanlah portal berita online. Showbiz Indonesia adalah salah satu dari sekian banyak media yang berkompetisi di ranah online ini. Showbiz Indonesia berusaha menyampaikan berita dan informasi tentang selebritas, hiburan dan gaya hidup dengan tampilan yang menarik dan berjiwa muda. Berhubungan dengan program magang yang yang diwajibkan pihak Universitas Multimedia Nusantara, penulis berkesempatan bekerja sebagai Content Writer dan Editor Assistant di Showbiz Indonesia. Periode magang dimulai tanggal 13 Juli 2015 hingga 9 November 2015. Sebagai Content Writer, tugas penulis adalah menulis artikel-artikel yang membahas mulai dari film, musik, event dan lainnya. Sebagai Editor Assistant, penulis bertugas untuk menyunting draf artikel yang dibuat oleh writer sebelum diserahkan ke chief editor dan dipublikasi. Selain 2 peran tersebut, penulis juga diberikan tanggung jawab untuk membantu mengelola akun Twitter dan Instagram Showbiz Indonesia. Sebuah post di sosial media Showbiz Indonesia biasanya berisi sebuah kalimat yang merupakan ringkasan dari artikel, dan tautan yang terhubung langsung ke artikel yang dipublikasi di situs Showbiz Indonesia. Periode magang penulis berakhir pada 9 November 2015 Selama kegiatan magang di showbiz indonesia ada beberapa hal yang dipelajari. Pertama, penulisan dengan gaya yang digunakan di Showbiz Indonesia. Lalu bagaimana proses pembuatan konten dari penulisan hingga penyuntingan di Showbiz Indonesia. Penulis juga belajar bagaimana membuat sebuah post di media sosial yang baik dan menarik, dan waktu yang tepat untuk melakukannya. Penulis juga belajar hal-hal lainnya seperti pembuatan jadwal peliputan, proses pencarian sponsor dan pengajuan proposal penyelenggaraan acara.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Content Writer, Editor Assitant, Showbiz Indonesia, Selebritas, Hiburan, Gaya hidu
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 03 Mar 2020 08:11
Last Modified: 07 Feb 2024 04:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/12513

Actions (login required)

View Item View Item