Propaganda Kesehatan Lewat Media Sosial

Wahjuwibowo, Indiwan Seto and Hereyah, Yoyoh (2015) Propaganda Kesehatan Lewat Media Sosial. In: Simposium nasional komunikasi kesehatan 2015, Universitas Padjajaran.

[img] Text
23. Indiwan - Propaganda Kesehatan.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Sosial media di era modern saat ini menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa dipungkiri oleh siapa saja, di tengah bangsa Indonesia yang saat ini sedang „keranjingan social media” ini. Informasi baik yang buruk atau yang baik bersliweran di mana-mana, di social media termasuk juga bidang kesehatan. Facebook, Path dan twitter dipenuhi oleh beragam informasi tentang bagaimana gaya hidup, bagaimana teknik menjaga kesehatan, soal gizi dan kiat menghadapi penyakit berbahaya dan bagaimana mencegahnya. Di Facebook karena sifatnya yang anonym, dan segera, setiapp orang bisa dengan gampang menyampaikan informassi termasuk di bidang kesehatan, dan tidak terbatas apakah dia memang ahli atau tidak. Dan kemampuan social media yang bisa melakukan sharing ke berbagai tempat secara cepat membuat informasi ini bisa terdistribusi ke berbagai pihak. Persoalannya, belum tentu informasi soal kesehatan ini benar-benar valid dan memang bisa teruji, bahaya apabila informasi kesehatan yang salah itu diikuti begitu saja tanpa pernah diteliti lagi kebenarannya. Makalah ini berupaya menganalisis sejumlah informasi kesehatan yang bertebaran di social media terkait penyakit-penyakit berbahaya , menggunakan teknik anaisis tekstual kualitatif, semiotika komunikasi. Hasilnya menunjukkan terkadang informasi tersebut langsung saja disebarkan ke teman-teman dan khalayak lain tanpa terlebih dahulu diuji kebenarannya. Dan banyak informasi yang berlawanan dengan fakta, bahkan Hoaxs atau kabar bohong menyebar dengan mudah di social media yang mengganggu proses ketahanan komunikasi bidang kesehatan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 29 Aug 2020 03:22
Last Modified: 13 Apr 2023 00:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/12736

Actions (login required)

View Item View Item