Tingkat Objektivitas Program Talkshow Election Talk Metro TV dalam Membahas Isu Pemilu 2019

Gita Devianti, Usis (2020) Tingkat Objektivitas Program Talkshow Election Talk Metro TV dalam Membahas Isu Pemilu 2019. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (564kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (965kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Talkshow juga merupakan salah satu bagian dari divisi news dalam sebuah media televisi yang dimana juga tunduk pada kode etik jurnalistik. Oleh karena itu meneliti objektivitas pada talkshow juga penting, apalagi talkshow tersebut membahas mengenai politik. Alasan peneliti memilih talkshow Metro TV, karena sosok dari pemilik media tersebut adalah Surya Paloh, dimana ia adalah salah satu pemilik beberapa media massa yaitu media cetak Media Indonesia dan Metro TV. Selain itu juga Surya Paloh menjabat sebagai ketua umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Maka dari ini peneliti ingin melihat apakah media tersebut dalam menyajikan sebuah berita mengenai pemilu 2019 ini objektif atau tidak. Mengingat ketua umum partai Nasional Demokrat (Nasdem) atau pemilik media tersebut mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden 01, yaitu Joko Widodo. Untuk mengukurnya, peneliti menggunakan konsep objektivitas Westersthal, yang dimana nanti peneliti meneliti perindikator objektivitas setiap segmen pada setiap episode . Populasi dalam penelitian ini adalah 30 episode pada periode bulan Agustus 2019 sampai dengan bulan Mei 2019. Hasil penelitian pada penelitian ini adalah dapat diketahui bahwa dari total keseluruhan kelima episode tayangan election talk Metro TV dapat diketahui bahwa tingkat objektivitasnya mendapati skor rata-rata 3,14. Jika dilihat pada kategori penilaian, maka rata-rata total keseluruhan episode adalah masuk kedalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa media televisi pada stasiun televisi Metro TV pada tayangan talkshow Election Talk (lima episode yang mewakili dari keseluruhan populasi yaitu, 30) masih terbilang objektif. Karena seperti yang dilihat dari tayangan tersebut, mereka masih menampilkan masing-masing dari kubu pasangan calon 01 dan 02 untuk melakukan diskusi konfirmasi, dan juga kerap menampilkan beberapa ahli atau pakar dibidang tertentu.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Objektivitas, Media massa, Pemilu, Talkshow, Election Talk MetroTV
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 791 Movie industry, Circuses, TV, Radio, Puppetry, Pageantry, Animal Performances > 791.45 Television Show
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Dec 2020 13:34
Last Modified: 26 Apr 2023 03:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/12924

Actions (login required)

View Item View Item