Karakterisitik Podcast sebagai Medium Pemberitaan Bagi Kaum Milenial: Studi Kasus pada Kantor Berita Radio Indonesia

Febriyanni, Gracesillya (2020) Karakterisitik Podcast sebagai Medium Pemberitaan Bagi Kaum Milenial: Studi Kasus pada Kantor Berita Radio Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (603kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (971kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (390kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (231kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Oleh: Gracesillya Febriyani Kaum milenial kini gemar mendengarkan siniar daripada mendengarkan radio. Sebesar 42,12% masyarakat Indonesia yang berumur 20-25 tahun rutin mendengarkan siniar. Saat ini cukup banyak jenis konten siniar yang berkembang. Mulai dari berita, wawancara, dan feature atau dokumenter. Tapi tidak terbatas pada jenis itu saja. Saat ini, berbagai kreatifitas dilakukan oleh para produsen siniar, seperti dalam bentuk blog bersuara, yaitu pemilik blog bisa bercerita dalam bentuk audio yang ia letakkan pada blognya. Siniar berita pertama di Indonesia diproduksi oleh Kantor Berita Radio Indonesia dan siniar yang dihasilkan semakin berinovasi seiring perkembangan zaman sehingga dibentuklah aplikasi KBR Prime, yang menjadi sarana bagi para pendengar untuk mendengarkan berbagai macam topik siniar yang beragam. Penelitian ini mencoba meneliti karakteristik siniar yang diinginkan kaum milenial melalui siniar berita KBR Prime. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini menggunakan konsep karakteristik media massa, jenis-jenis berita, radio siaran, dan teori uses and gratification sebagai landasan utama dalam penulisan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan karakteristik yang dimiliki radio dan media massa sama dengan karakteristik dari siniar sehingga kaum milenial mendapatkan hasil yang dibutuhkan dan diinginkan sesuai dengan teori uses and gratification.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: siniar, milenial, karakteristik media massa, karakteristik radio siaran, uses and gratification
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Dec 2020 11:15
Last Modified: 18 Apr 2023 08:35
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13139

Actions (login required)

View Item View Item