Perbandingan Daya Ingat Pembaca Berita yang Menggunakan Teks dan Short Texted Video

Narda, Nathania (2020) Perbandingan Daya Ingat Pembaca Berita yang Menggunakan Teks dan Short Texted Video. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (564kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (347kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (521kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (158kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (940kB)

Abstract

Indonesia menempati posisi sebagai salah satu negara dengan minat membaca yang cukup rendah. Tetapi, di saat yang bersamaan pengguna internet di Indonesia justru mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sangat disayangkan jika perkembangan teknnologi yang sudah cukup baik tidak sejalan dengan angka minat baca masyarakat Indonesia. Hal ini merupakan tantangan baru bagi organisasi media agar selalu kreatif dalam menyampaikan berita kepada khalayak. Beberapa format berita baru disajikan sebagai bentuk perkembangan dari format berita yang sudah ada. Short Texted Video menjadi format yang sedang berkembang saat ini dan mulai digunakan di beberapa media. Hal ini kemudian memunculkan pernyataan apakah format baru yang ada dapat efektif digunakan masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan melihat apakah seseorang dapat mengingat dengan baik menggunakan format media tertentu. Penelitian dengan metode eksperimen ini membandingkan format baru tersebut dengan format yang sudah ada seperti teks. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications dan konsep yang digunakan yaitu media logic dan information processing. Penelitian kuantitatif ini menggunakan responden 20 generasi milenial di DKI Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan daya ingat yang signifikan antara pembaca berita yang menggunakan teks, dan pembaca berita yang menggunakan short texted video.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Daya ingat, teks, short texted video, DKI Jakarta, generasi milenial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Dec 2020 11:04
Last Modified: 28 Apr 2023 03:29
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13154

Actions (login required)

View Item View Item