Analisis Pengaruh Optimism, Innovativeness, dan Insecurity terhadap Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness, serta Implikasinya pada Behavioral Intention to Use; Telaah pada Konsumen E-Toll Card di Jabodetabek”.

Alexander, Alexander (2017) Analisis Pengaruh Optimism, Innovativeness, dan Insecurity terhadap Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness, serta Implikasinya pada Behavioral Intention to Use; Telaah pada Konsumen E-Toll Card di Jabodetabek”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (811kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (808kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Tingginya angka kemacetan di Jakarta telah menjadi persoalan yang sulit ditangani sejak 10 tahun terakhir. Banyaknya jumlah kendaraaan di jalanan kota Jakarta membuat suasana semakin padat dan sesak. Pemerintah sebagai satu-satunya instansi yang memiliki tanggung jawab dan wewenang untuk mengurus segala permasalahan kota Jakarta perlu memikirkan solusi efektif yang dapat menurunkan angka kemacetan di Jakarta. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi waktu pemerosesan pembayaran tol di gardu toll. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui minat seorang konsumen untuk melakukan sesuatu (behavioral intention) dipengaruhi oleh sifat dan toleransi konsumen pada beberapa hal, yaitu : optimis (optimism), ketidaknyamanan (discomfort), keinginan menjadi yang pertama sebagai pengguna (innovativeness), dan ketidakamanan (insecurity) melalui persepsi konsumen tersebut terhadap mudah atau sulitnya sebuah inovasi teknologi digunakan (perceived ease of use) serta manfaat yang dapat dirasakan (perceived usefulness) oleh mereka. Model penelitian disampaikan dengan 7 hipotesis dan diuji dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Unit sample penelitian ini adalah 125 responden yang berusia 17-44 tahun, mengendarai sendiri kendaraan mereka, membeli e-toll card dalam 3 bulan terakhir, namun belum melakukan pengisian ulang saldo e-toll cardnya dan berdomisi di Jabodetabek. Sebuah Kuesioner didesain untuk mengumpulkan informasi dari para pengguna E-Toll Card Mandiri. Hasil penelitian mendapatkan temuan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara optimism terhadap perceived ease of use, innovativeness terhadap perceived ease of use, insecurity terhadap perceived ease of used, perceived ease of use terhadap perceived usefulness dan perceived ease of use berpengaruh terhadap behavioral intention. Namun tidak ditemukan pengaruh positif atau signifikan antara optimism dengan perceived usefulness, innovativeness dengan perceived usefulness, insecurity dengan perceived usefulness dan perceived usefulness dengan behavioral intention

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 21 Jul 2017 08:36
Last Modified: 15 May 2023 03:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/1320

Actions (login required)

View Item View Item