Pengaruh Konsumsi Berita Politik di Media Daring dan Pengetahuan Politik terhadap Ketertarikan Politik Generasi Milenial

Rama, Dewa (2020) Pengaruh Konsumsi Berita Politik di Media Daring dan Pengetahuan Politik terhadap Ketertarikan Politik Generasi Milenial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (660kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (301kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (945kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (186kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

PENGARUH KONSUMSI BERITA POLITIK DI MEDIA DARING DAN PENGETAHUAN POLITIK TERHADAP KETERTARIKAN POLITIK GENERASI MILENIAL Oleh : Dewa Rama Skripsi ini membahas mengenai pengaruh konsumsi berita politik di media daring dan pengetahuan politik terhadap ketertarikan politik generasi milenial di Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications serta menggunakan konsep terkait dengan pengetahuan politik dan ketertarikan politik. Penelitian ini menggunakan dua indikator untuk mengukur konsumsi berita yaitu durasi dan frekuensi. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan tiga indikator dalam mengukur pengetahuan politik yaitu pengetahuan tentang pemerintah dan partai politik, pengetahuan tentang politik dalam negeri, dan pengetahuan tentang politik luar negeri. Sedangkan, ketertarikan politik menggunakan dua pertanyaan untuk mengukur tingkat ketertarikan politik, yaitu seberapa tertarik anda terhadap politik? dan seberapa tertarik anda terhadap iso sosial di masyarakat? Kemudian penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah survei eksplanatif yang bersifat asosiatif. Populasi dari penelitian ini yaitu generasi milenial di Kota Tangerang dengan tahun lahir dari 1981-1999. Penarikan sampel menggunakan teknik cluster random sampling kepada 406 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan survei tatap muka dengan menyebarkan terhadap sampel yang sudah peneliti tentukan. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh konsumsi berita politik di media daring dan pengetahuan politik terhadap ketertarikan politik sebesar 37%. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa jika diteliti secara masing-masing terdapat pengaruh konsumsi berita 29,6% terhadap ketertarikan politik. Sedangkan, pengaruh pengetahuan politik sebesar 28,1% terhadap ketertarikan politik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Konsumsi Berita, Pengetahuan Politik, Ketertarikan Politik, Kota Tangerang
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 320 Political science > 320 Political Science (Government Management) > 320.9 Political Situation and Condition
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Dec 2020 10:26
Last Modified: 04 May 2023 06:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13208

Actions (login required)

View Item View Item