Pengaruh Penggunaan Fitur Swipe Up Instagram Stories Detikcom terhadap Konsumsi Berita Generasi Milenial

Immanuella Gloria, Eny (2020) Pengaruh Penggunaan Fitur Swipe Up Instagram Stories Detikcom terhadap Konsumsi Berita Generasi Milenial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (968kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (869kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (256kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Oleh: Eny Immanuella Gloria Instagram stories adalah sebuah fitur yang ada di dalam aplikasi Instagram yang membuat penggunanya dapat mengirimkan foto ataupun video yang berdurasi 15 detik. Di dalam Instagram stories, terdapat salah satu fitur yang bisa digunakan oleh pengguna Instagram yang terverifikasi dan memiliki pengikut lebih dari 10.000 pengikut yang tentunya dimiliki oleh seluruh media berita yaitu fitur swipe up. Fitur swipe up memberikan kesempatan yang lebih mudah kepada para pembaca untuk mengonsumsi berita tanpa harus menggunakan aplikasi berita ataupun mengetik secara manual pada situs media berita atau search engine lainnya. Namun, dengan adanya kemudahan dalam mengonsumsi berita melalui fitur swipe up, bagaimana konsumsi berita generasi milenial saat ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar pengaruh penggunaan fitur swipe up Instagram stories Detikcom terhadap konsumsi berita generasi milenial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori acceptance model 1 (TAM 1) untuk melihat penggunaan fitur swipe up Instagram stories Detikcom. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei yakni menyebarkan kuesioner kepada 349 responden secara online. Hasil analisis penelitian menunjukkan penggunaan fitur swipe up Instagram stories Detikcom (X) terhadap konsumsi berita generasi milenial (Y) sebesar 8,9% atau pengaruh dapat dikatakan rendah dan terdapat 91,1% faktor lain yang memengaruhi konsumsi berita generasi milenial (Y) yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Faktor lain bisa seperti mengonsumsi berita Detikcom melalui media sosial lain atau menggunakan aplikasi berita Detikcom.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Fitur Swipe Up, Instagram Stories, Detikcom, Konsumsi Berita, Generasi Milenial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Dec 2020 08:11
Last Modified: 27 Apr 2023 00:45
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/13399

Actions (login required)

View Item View Item