UMN Knowledge Center

Studi kasus implementasi kegiatan satu hati peduli lingkungan bersih pantai periode april - mei 2012 dan kontribusinya terhadap reputasi pocari sweat pada partisipan

Santoso, Hellen (2014) Studi kasus implementasi kegiatan satu hati peduli lingkungan bersih pantai periode april - mei 2012 dan kontribusinya terhadap reputasi pocari sweat pada partisipan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (584kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan makanan dan minuman ringan menyebakan pertumbuhan industri makanan dan minuman ringan berkembang dengan pesat. Selain perkembangan industri, berkembang pula teknologi komunikasi yang menimbulkan fenomena global viilage. Dengan adanya fenomena ini, maka seluruh industri, termasuk didalamnya industri makanan dan minuman ringan berlomba – lomba menjaga bahan sebisa mungkin meningkatkan reputasi mereka. Judul skripsi ini adalah “Reputasi Pocari Sweat melalui Implementasi Corporate Social Responsibility : Studi Kasus pada Partisipan Program Saru Hati Peduli Lingkungan Bersih Pantai Periode April – Mei 2012”. Tujuannya untuk mengetahui peran Public Relations dalam pengimplementasian program Bersih Pantai dan bagaimana dampak pengimplementasian program tersebut pada reputasi Pocari Sweat yang terbentuk pada partisipan kegiatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan sumber data primer yang berasal dari observasi ke tiga lokasi kegiatan yaitu Pantai Citepus Pelabuhan Ratu, Pantai Ampenan Lombok dan Pantai Depok Bantul. Selain observasi, data primer juga didaptkan dengan wawancara mendalam dengan 23 narasumber dari berbagai kalangan, antara lain narasumber partisipan, yaitu masyarakat sekitar pantai, murid sekolah penerima edukasi, serta anggota komunitas yang ikut serta dalam kegiatan Bersih Pantai, narasumber ahli, dan narasumber dari Pocari Sweat. Sebagai teknik keabsahan data dilakukan proses triangulasi data, pengamat, teori, dan metode. Dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa peran Public Relations dalam terlaksananya acara ini meliputi tanggung jawab secara teknis, seperti pembuatan press release, tanggung jawab pada pengimplementasian kegiatan dan membina hubungan dengan stakeholders yang terlibat. Dari hasil wawancara kepada narasumber partisipan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini memberikan pengaruh positif terhadap reputasi Pocari Sweat. Meski demikian, terdapat hal yang perlu dikritisi dari kegiatan Bersih Pantai sebagai sebuah Corporate Social Responsibility. Kegiatan Bersih pantai yang merupakan kegiatan pioneer dalam program Satu Hati Peduli Lingkungan tidak memenuhi konsep sustainabilitas atau keberlanjutan dalam Corporate Social Responsibility. Kegiatan ini baru diadakan satu kali dan sustainibilitasnya belumviii ada, sehingga kegiatan ini lebih cocok dikategorikan sebagai kegiatan corporate philantrophy.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD60-60.5 Social responsibility of business > HD60.1 C Corporate social responsibility
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.3 Event Management > HD30.31 Special Event
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:04
Last Modified: 26 Jul 2017 04:04
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1349

Actions (login required)

View Item View Item