UMN Knowledge Center

Analisa pengaruh professionalism dan rewards terhadap job satisfaction serta implikasinya pada organizational commitment; telaah pada millennial workers dalam industri e-commerce di jabodetabek

Ternando, Gregorius (2017) Analisa pengaruh professionalism dan rewards terhadap job satisfaction serta implikasinya pada organizational commitment; telaah pada millennial workers dalam industri e-commerce di jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (891kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (783kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki perkembangan E-commerce tertinggi jika dibandingkan dengan India secara global. Di saat yang bersamaan generasi Milenial merupakan kelompok demografis yang memiliki tingkat edukasi cukup tinggi yang mulai memasuki dunia kerja saat ini. Fakta lainnya adalah 10-15 tahun mendatang populasi Millennial Workers di Indonesia akan terus bertambah dan akan menjadi jumlah tenaga kerja mayoritas. Hasil penelitian dari Deloitte pada tahun 2016 menunjukkan bahwa 62% Millennial Workers di Indonesia diekspektasikan akan meninggalkan organisasinya dalam waktu kurang lebih 5 tahun ke depan. Perusahaan favorit bagi Millennial Workers yaitu perusahaan dalam industri E-commerce harus segera mengantisipasi fenomena ini agar talentatalenta terbaik mereka dapat bertahan di dalam perusahaan. Oleh karena itu penelitian ini akan membahas tentang tingkat Organizational Commitment dari Millennial Workers pada industri E-commerce di Jabodetabek yang diukur melalui tiga variabel yaitu Professionalism, Rewards, dan Job Satisfaction. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan metode non-probability. Melalui teknik judgemental sampling, pengumpulan data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada Karyawan Millennial yang bekerja di industri E-commerce yang berdomisili di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, dan Bekasi). Data yang sudah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini menggunakan software SPSS versi 23 untuk pretest dan AMOS versi 22.0 untuk main-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh positif dari Professionalism terhadap Organizational Commitment, terdapat pengaruh positif dari Professionalism terhadap Job Satisfaction, terdapat pengaruh positif dari Job Satsfaction terhadap Organizational Commitment, terdapat hubungan positif antara Professionalism dan Rewards, pengaruh positif Rewards terhadap Job Satisfaction dan yang terakhir pengaruh positif dari Rewards terhadap Organizational Commitment. Salah satu temuan paling menarik dalam penelitian ini adalah ditemukannya beberapa Rewards yang sesuai terhadap Millennial Workers pada industri E-commerce di Jabodetabek seperti recognition atau pengakuan, suasana kerja yang memikat, dan rasa senang atau bangga terhadap perusahaan untuk meningkatka Organizational Commitment.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment management
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Jul 2017 02:35
Last Modified: 31 Jul 2017 09:42
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1350

Actions (login required)

View Item View Item