UMN Knowledge Center

Implementasi Neuroevolution of Augmenting Topologies untuk Self-Driving Kart pada Unity Karting Microgame

Abednego Hayvito, Ezra (2020) Implementasi Neuroevolution of Augmenting Topologies untuk Self-Driving Kart pada Unity Karting Microgame. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)

Abstract

Perkembangan kecerdasan buatan dan perkembangan game saling terkait. Game dan simulasi dapat dimanfaatkan untuk memahami dan memvisualisasikan bagaimana perkembangan kecerdasan sebuah agen dalam pembelajaran mesin. Unity ML-Agents Toolkit sebagai proyek open-source untuk melatih kecerdasan agen sudah diimplementasikan pada berbagai game yang dikeluarkan Unity, salah satunya adalah Unity Karting Microgame. Unity Karting Microgame mengambil konsep simulasi racing game dimana kart dikendalikan untuk menyelesaikan lintasan. Implementasi Unity ML-Agents Toolkit pada Unity Karting Microgame menghasilkan self-driving kart, agen cerdas dalam bentuk kart yang dapat mengemudikan dirinya sendiri tanpa bantuan manusia untuk dapat menyelesaikan lintasan, sehingga Unity Karting Microgame termasuk dalam robot path planning problem. Algoritma genetik, khususnya neuroevolution, terbukti berguna untuk menyelesaikan robot path planning problem. NeuroEvolution of Augmenting Topologies (NEAT) adalah salah satu metode neuroevolution yang memungkinkan pencarian topologi dengan kompleksitas (koneksi) minimal dan terbukti efektif. Dalam implementasi Unity ML-Agents Toolkit pada Unity Karting Microgame, NEAT belum diterapkan pada sebagai metode pengembangan kecerdasan untuk self-driving kart. Oleh karena itu, simulasi dibuat dengan mengimplementasi NEAT untuk self-driving kart pada Unity Karting Microgame. Adapun bahasa pemrograman yang digunakan adalah C# dengan platform Unity Engine. Uji coba dilakukan untuk mengetahui keunikan evolusi topologi jaringan saraf tiruan pada NEAT melalui hubungan kompleksitas dan fitness. Disimpulkan bahwa kompleksitas bertambah seiring berjalan waktu dan mempengaruhi tingkat nilai fitness. Individu terbaik didapatkan dengan 5 input node, 2 output node, 2 hidden node, dan 12 kompleksitas. Sebagai solusi optimal, individu terbaik juga dapat menyelesaikan lintasan yang berbeda dengan bebas tabrakan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: NEAT, neuroevolution, self-driving, simulasi, Unity Karting Microgame
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Dec 2020 06:42
Last Modified: 05 Dec 2020 06:42
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/13526

Actions (login required)

View Item View Item