UMN Knowledge Center

Audit Sistem Informasi pada PT. Somagede Indonesia Menggunakan Framework COBIT 5

Hagai Gunawan, Hagai Gunawan (2020) Audit Sistem Informasi pada PT. Somagede Indonesia Menggunakan Framework COBIT 5. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Oleh : Hagai Gunawan Teknologi informasi sudah menjadi suatu bagian yang tidak bisa dipisahkan dan sudah menjadi salah satu komponen penting dari sebuah perusahaan dalam menjalankan proses bisnisnya. Oleh karena itu diperlukan sebuah tindakan yang bisa memastikan teknologi informasi pada perusahaan dapat mendukung proses bisnis perusahaan. Tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan audit terhadap tata kelola teknologi informasi perusahaan. Dalam penelitian ini akan dilakukan pengukuran capability level pada prosesproses yang sudah dipilih sebelumnya, yaitu APO09 (Manage Service Agreements), EDM01 (Ensure Governance Framework Setting and Maintenance), DSS04 (Manage Continuity). Setiap proses yang dipilih memiliki tujuan yang berbeda-beda dan akan dilakukan pengukuran terhadap tata kelola teknologi informasi menggunakan framework COBIT 5. Tingkat capability tersedia dari level 0 sampai level 5. Ada pula metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara serta kuesioner, lalu dari hasil pengumpulan data tersebut akan menghasilkan sebuah temuan yang nantinya akan di follow up kepada pihak perusahaan berupa rekomendasi. Hasil dari penelitian ini adalah capability level proses PT. Somagede Indonesia serta rekomendasi dan saran untuk meningkatkan implementasi teknologi informasi di PT. Somagede Indonesia. Capability level di PT. Somagede Indonesia hanya EDM01 yang berhenti pada level 2 dan sesuai dengan target perusahaan sedangkan APO09 dengan DSS04 berhenti pada level 1 dan belum sesuai dengan target perusahaan, yaitu level 2. Adapun rekomendasi yang diberikan antara lain melakukan training terhadap SDM, melakukan review ulang terhadap alokasi budget, ataupun struktur organisasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Audit, Capability Level, COBIT 5, Framework, Sistem Informasi
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T70 Information System
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Dec 2020 05:59
Last Modified: 05 Dec 2020 05:59
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/13586

Actions (login required)

View Item View Item