UMN Knowledge Center

Rancang Bangun Aplikasi Android Kalkulator Kebutuhan Konsumsi Air Berdasarkan Suhu Cuaca dan Tingkat Aktivitas Tubuh

Lemuel, Griffin (2020) Rancang Bangun Aplikasi Android Kalkulator Kebutuhan Konsumsi Air Berdasarkan Suhu Cuaca dan Tingkat Aktivitas Tubuh. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] PDF
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Oleh: Griffin Lemuel Air merupakan kebutuhan terpenting dari tubuh manusia yang berfungsi sebagai bagian dari metabolisme tubuh, transportasi substrat antar membran, homeostatis seluler dan mengatur suhu tubuh. Hampir 90% penyusun tubuh manusia terdiri atas air. Kekurangan cairan dari kebutuhan minimal yang dianjurkan dapat mengakibatkan terjadinya dehidrasi. Menurut World Health Organization, dehidrasi adalah salah satu penyebab kematian tertinggi. Adapun salah satu cara agar kebutuhan cairan seseorang tetap terpenuhi adalah dengan mengonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup. Namun kebutuhan cairan sehari-hari pada setiap orang berbeda, hal ini dipengaruhi oleh kondisi tubuh, usia, jenis kelamin, suhu lingkungan serta jenis aktivitas yang dilakukan. Salah satu cara untuk membantu agar cakupan informasi kebutuhan cairan dapat dipahami dengan baik yaitu dengan cara membuat aplikasi kalkulator hidrasi untuk memberikan informasi, seberapa besar kebutuhan air harian bagi seseorang. Aplikasi ini dirancang dalam bentuk aplikasi android untuk memudahkan pengguna dalam mengakses informasi yang dibutuhkan. Hasil dari aplikasi ini dapat membantu untuk memberikan informasi berupa hasil perhitungan jumlah kebutuhan air harian. Metode yang digunakan dalam merancang aplikasi ini adalah Rapid Application Development model, yang nantinya akan diimplementasikan sebagai aplikasi Android di dalam framework Flutter dengan bantuan Visual Studio Code.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Android, dehidrasi, hidrasi, homeostatis, metabolisme
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T70 Information System
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 05 Dec 2020 03:49
Last Modified: 05 Dec 2020 03:49
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/13775

Actions (login required)

View Item View Item