UMN Knowledge Center

Implementasi program corporate social responsibility pt indofood sukses makmur tbk. (studi kasus program indofood riset nugraha periode juli-desember 2013)

Karen, Karen (2014) Implementasi program corporate social responsibility pt indofood sukses makmur tbk. (studi kasus program indofood riset nugraha periode juli-desember 2013). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (780kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (660kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (672kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

PT Indofood Sukses Makmur Tbk. merupakan sebuah perusahaan pangan berskala multinasional yang senantiasa berpegang teguh pada visi perusahaan sebagai “A Total Food Solutions Company”. Visi ini diterapkan dalam berbagai bentuk kegiatan perusahaan, tak terkecuali dalam pelaksanaan kegiatan CSR. Salah satu bentuk kegiatan CSR terbesar yang dilakukan perusahaan adalah Indofood Riset Nugraha, sebuah program pemberian bantuan dana penelitian kepada para mahasiswa terpilih yang tengah melakukan penelitian terkait pangan. PT Indofood Sukses Makmur Tbk. merupakan perusahaan pertama dan satusatunya yang membuat program CSR seperti ini. Oleh karena itu, landasan pemikiran, proses perencanaan, dan tahap implementasi Program Indofood Riset Nugraha menjadi bahan yang menarik untuk dikaji lebih lanjut. Bab 2 penelitian ini menggunakan konsep-konsep CSR yang sesuai dengan bahan penelitian. Dimulai dari konsep CSR yang merupakan turunan dari Corporate Communication, definisi CSR, dasar pelaksanaan CSR, ruang lingkup CSR, pilar CSR, manfaat CSR, bentuk-bentuk CSR, strategi CSR, tahap adopsi CSR, hingga tahapan pelaksanaan program CSR. Dalam proses penelitian, penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data primer dilakukan melalui observasi partisipan dan wawancara mendalam kepada CSR Manager dan CSR Supervisor PT Indofood Sukses Makmur Tbk., serta tiga orang peserta Program Indofood Riset Nugraha yang memenuhi kriteria peneliti. Sementara itu, pengumpulan data sekunder dilakukan dengan melakukan studi kepustakaan serta studi dokumen. Agar data-data yang didapatkan dapat menjadi lebih sah, peneliti menggunakan triangulasi data sumber, waktu, dan teknik. Penelitian ini dianalisis sesuai dengan teknik analisis data yang diutarakan oleh Miles dan Huberman. Penelitian ini pada akhirnya mampu memperlihatkan pandangan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. dalam memaknai CSR, dimana pandangan ini pada kenyataannya terus berubah mengikuti perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat. Lebih lanjut lagi, motivasi yang menjadi landasan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. dalam melakukan Program Indofood Riset Nugraha dan tahapan pengimplementasian program yang sesuai dengan konsep maupun teori CSR juga berhasil didapatkan

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > HD60-60.5 Social responsibility of business > HD60.1 C Corporate social responsibility
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication > HD30.3 Event Management > HD30.31 Special Event
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Jul 2017 05:07
Last Modified: 28 Sep 2017 10:31
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item