UMN Knowledge Center

Pengaruh sikap konsumen terhadap purchase intention dari website electronic deals groupon indonesia

Cantona, Renno (2017) Pengaruh sikap konsumen terhadap purchase intention dari website electronic deals groupon indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
Pengaruh Sikap konsumen terhadap purchase intention dari Groupon Indonesia.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pada jaman moderen saat ini, perkembangan teknologi sudah meluas ke seluruh dunia. Didukung dengan munculnya dunia E-Commerce dan dalam konteksnya di Indonesia terdapat dua jenis E-Commerce, yaitu berjenis Retail dan Daily Deals. Namun disaat tren dari E-Commerce berjenis retail terus meningkat tetapi bisnis E-Commerce berjenis Daily Deals tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan, maka dari itu menarik untuk diteliti tentang sikap konsumen dalam bertransaksi online di dalam E-Commerce berjenis Daily Deals di dalam Groupon Indonesia. Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengidentifikasi faktor kunci dari Attitude Toward E-Deals dan faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian E-Deals. Secara khusus, Perceived Value dan Price Consciousness akan di uji sebagai faktor Attitude Towards E-Deals. Attitude Towards E-Deals, Subjective Norms, dan Perceived Behavioral Control diusulkan untuk memiliki hubungan yang kuat pada Intention to buy. Theory of Planned Behavior (TPB) memberikan fondasi teoritis dari kerangka konspetual. Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB) sebagai pengukuran kuat untuk menyelidiki perilaku belanja online dalam konteks E-Deals di Groupon Indonesia. Data dikumpulkan melalui Convenience Sampling. Secara keseluruhan, 160 tanggapan yang valid dari 357 survei didistribusikan. Hanya 135 pengguna E-Deals yang di analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) untuk menguji hipotesis. Hal ini juga menemukan bahwa Price Consciousness adalah prediktor kuat dari Attitude Towards E-Deals. Temuan lain juga menunjukkan bahwa Attitude Towards, Normative Influence dan Perceived Behavior Control E-Deals berpengaruh positif dengan Intention to buy E-Deals. Dalam konteksnya di Indonesia dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa harga merupakan prediktor penting terhadap perubahan perilaku yang akan berpengaruh langsung pada niat untuk melakukan sebuah pembelian di dalam E-Deals. Para pembeli E-Deals di Indonesia memiliki kontrol yang kuat yang ada pada dirinya dan tidak berpengaruh pada opini orang lain untuk melakukan sebuah pembelian. Impikasi Managerial untuk mengintegrasikan media sosial (misalnya Facebook atau Twitter) dan komunitas online untuk mendekati “pemimpin” untuk mempengaruhi calon konsumen baru untuk membeli voucher E-Deals. Hal ini juga penting untuk menjaga nilai baik dari E-Deals dan menekankan manfaat besar menggunakan E-Deals untuk membujuk konsumen dalam membeli voucher E-deals di Groupon Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:26
Last Modified: 24 Jul 2017 09:26
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/1417

Actions (login required)

View Item View Item