UMN Knowledge Center

Analisis Strategi Corporate Communication Kompas Gramedia dalam Mengembangkan Citra Perusahaan di Era Disrupsi

Liwensky Rustandi, Vivian (2020) Analisis Strategi Corporate Communication Kompas Gramedia dalam Mengembangkan Citra Perusahaan di Era Disrupsi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia saat ini berada pada era teknologi dan informasi yang berkembang sangat pesat. Berbagai disrupsi teknologi telah terjadi di segala bidang kehidupan, salah satunya komunikasi. Akibatnya, masyarakat maupun pelaku bisnis telah banyak beralih pada media baru yang terhubung dengan internet. Kompas Gramedia sebagai perusahaan yang awalnya bergerak sebagai perusahaan media cetak telah melakukan tranformasi pada laman digital. Kompas Gramedia telah melebarkan sayapnya ke delapan industri bisnis yang berbasiskan teknologi sebagai wujud transformasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui citra yang ingin dibentuk oleh Kompas Gramedia sebagai perusahaan yang telah melakukan transformasi untuk merespon keadaan disrupsi, serta untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh departemen Corporate Communication Kompas Gramedia dalam mengembangkan citra perusahaan tanpa mengubah visi, misi, value dan personality perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data indepth interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Communication Kompas Gramedia menciptakan strategic communication plan untuk membangun citra baru perusahaan, mulai dari research, objectives, segmentation, targeting & postioning, menciptakan key message, strategi dan melakukan eksekusi. Strategi yang diciptakan secara online maupun offline dengan mengangkat tema besar, yaitu “Berkolaborasi untuk Indonesia”.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: corporate communication, citra perusahaan, identitas perusahaan, era disrupsi, strategic communication plan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2020 20:21
Last Modified: 04 Dec 2020 20:21
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/14411

Actions (login required)

View Item View Item