UMN Knowledge Center

Pengaruh Rute Penerbangan Terhadap Penghematan Energi, Biaya, Dan Emisi Gas Kabon Dioksida

Karuna Jaya, Ananda (2019) Pengaruh Rute Penerbangan Terhadap Penghematan Energi, Biaya, Dan Emisi Gas Kabon Dioksida. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (836kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, temperatur dunia meningkat rata rata 0.15-0.2oC setiap dekade (National Aeronautics and Space Administration, n.d.). Peningkatan suhu menyebabkan pemanasan dunia atau yang sering disebut global warming. Pemanasan dunia menghasilkan perubahan yang nyata, salah satunya mencairnya es Gunung Kilimanjaro, Tanzania. Jika hal ini terus terjadi, tidak menutup kemungkinan salju di Gunung Kilimanjaro akan menghilang selama beberapa dekade kedepan (Thompson et al. 2002). Penyebab utama dari global warming yaitu gas Carbon Dioxide (CO2). Gas CO2 meningkat dari 278 ppm (parts per million) pada masa pra industri sampai 405 ppm pada saat ini (Lindsey, 2019). Gas CO2 berasal dari berbagai sektor salah satunya transportasi udara. Penerbangan dilakukan setiap hari oleh setiap maskapai di dunia. Setiap penerbangan memerlukan bahan bakar yaitu avtur yang merupakan turunan dari minyak bumi. Avtur yang dibakar menghasilkan energi untuk pesawat melakukan penerbangan. Selain menghasilkan energi untuk terbang, avtur yang dibakar menghasilkan gas CO2 yang dapat mempercepat global warming. Salah satu cara mengurangi bahan bakar avtur beserta emisinya yaitu dengan memperpendek rute penerbangan. Pemecahan masalah dilakukan dengan mengolah data yang telah tersedia dan menggunakan software sebagai media perhitungan dan mengumpulkan data. software yang digunakan adalah Microsoft Excel. Jarak yang dipangkas mengurangi jumlah bahan bakar yang digunakan beserta dengan biaya dan emisinya. Jumlah bahan bakar yang digunakan sebanding dengan jarak yang ditempuh pesawat. Semakin panjang jarak tempuh maka bahan bakar yang digunakan semakin besar, begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Internship)
Uncontrolled Keywords: global warming, carbon dioxide, software , efisiensi bahan bakar, jarak
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9000-9999 Special industries and trades > HD9502-9502.5 Energy industries. Energy policy. Fuel trade
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ807-830 Renewable energy sources
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001-1841 Production of electric energy or power. Powerplants. Central stations
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Teknik Fisika
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2020 07:45
Last Modified: 04 Dec 2020 07:50
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/14412

Actions (login required)

View Item View Item