Makna Penggunaan Aplikasi Tik Tok pada Generasi Z (Studi Fenomenologi terhadap Pengguna Aplikasi Tik Tok)

Raras Putri Wiwoho, Andita (2020) Makna Penggunaan Aplikasi Tik Tok pada Generasi Z (Studi Fenomenologi terhadap Pengguna Aplikasi Tik Tok). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (833kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (923kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (847kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (828kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

menggandrungi Internet dengan presentase pengguna yang selalu bertambah setiap tahunnya. Hal ini beriringan dengan perkembangan new media atau media baru yang merupakan sebuah media baru yang baru muncul akibat gabungan dari teknologi komputer dengan informasi dan komunikasi. Tik Tok adalah aplikasi buatan perusahaan teknologi Cina, ByteDance Inc, yang resmi diluncurkan pada bulan September 2016. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat menggunggah video mereka sendiri yang pada akhirnya bisa dibagikan ke pengguna aplikasi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemaknaan generasi Z dalam menggunakan aplikasi Tik Tok. Pada penelitian ini, dilakukan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai 4 pengguna/creator Tik Tok yang sudah menjadi pengguna selama kurang lebih 4 bulan, memiliki pengikut di atas 100 ribu, dan berada pada rentang usia generasi Z. Dari penelitian ini, didapat temuan bahwa setelah menggunakan Tik Tok, partisipan mendapat banyak keuntungan positif yaitu bertambahnya relasi di mana relasi tersebut tidak hanya sekedar menambah teman saja, tetapi juga dapat melakukan kolaborasi konten video bersama pengguna/creator lain yang seiring berjalannya waktu mendatangkan keuntungan lain seperti endorsement.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Fenomenologi, Tik Tok, relasi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2020 17:11
Last Modified: 04 May 2023 07:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/14684

Actions (login required)

View Item View Item