UMN Knowledge Center

Analisis Pengaruh Materialistic Values terhadap Green Apparel Purchase Intention: Studi Lanjutan pada Sejauh Mata Memandang dengan Theory of Planned Behavior

H. T. Sumanti, Delbert (2020) Analisis Pengaruh Materialistic Values terhadap Green Apparel Purchase Intention: Studi Lanjutan pada Sejauh Mata Memandang dengan Theory of Planned Behavior. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (940kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Modernisasi yang masif memicu konsumen untuk terus ‘menjelajahi’ lebih banyak produk dan layanan, mendorong munculnya obsesi dalam pemenuhan kebutuhan. Konsumen yang obsesif memosisikan produk dan jasa yang mereka punya sebagai tanda kesuksesan, tanda kebahagiaan, atau bahkan pusat dari kehidupan. Fenomena ini umum terjadi di dunia fashion, sehingga manusia mulai mengalami berbagai permasalahan lingkungan yang meresahkan seperti tidak terkendalinya sampah tekstil karena tingginya frekuensi manusia dalam bergonta-ganti pakaian. Merespon fenomena tersebut, Chitra Subyakto sebagai salah satu pengrajin fashion Indonesia yang terkemuka, pada 2014 menerapkan skema sustainable fashion lewat mereknya, Sejauh. Sustainable fashion sendiri ditujukan untuk merombak pola produksi dan konsumsi di dalam industri fashion, agar secara umum dapat lebih memerhatikan keberlangsungan lingkungan dari segi sumber daya alam dan sumber daya manusia. Berdasarkan fakta tersebut, peneliti ingin mengetahui apakah materialistic values memiliki pengaruh terhadap niat pembelian green apparel berdasarkan teori perilaku yang terencana. Penelitian ini dilakukan dengan descriptive research design dan pengumpulan data dilakukan lewat kuesioner. Pengolahan data kemudian dilakukan dengan teknik Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software LISREL 8.8. Hasil temuan pada penelitian terhadap Sejauh menunjukkan adanya pengaruh positif dari nilai materialisme berdasarkan kesuksesan dan kebahagiaan terhadap sikap pada green apparel purchase dan adanya pengaruh positif dari komponen sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku pada teori perilaku yang terencana terhadap niat pembelian green apparel.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: fashion, green apparel, materialisme, kesuksesan, kebahagiaan, keterpusatan, niat pembelian, teori perilaku yang terencana, sikap, norma subjektif, kontrol perilaku
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Manajemen
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2020 15:21
Last Modified: 04 Dec 2020 15:21
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/14846

Actions (login required)

View Item View Item