UMN Knowledge Center

Peningkatan Learn and Growth Karyawan dengan Memaksimalkan Teknologi Peoplesoft Oracle dalam Konteks Learning and Development pada Perusahaan PT. Indo-Rama Synthetics Tbk.

Anggata Gunardi, Jovi (2020) Peningkatan Learn and Growth Karyawan dengan Memaksimalkan Teknologi Peoplesoft Oracle dalam Konteks Learning and Development pada Perusahaan PT. Indo-Rama Synthetics Tbk. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (817kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk optimalisasi penggunaan Software Peoplesoft Oracle untuk aspek Learning and Development (L&D) di PT. IndoRama Synthetics Tbk, dalam rangka proses menuju industry 4.0. Di dalam perusahaan, Corporate HR & OD dapat memiliki proses yang terintegrasi di dalam proses HR, terutama untuk proses L&D. Perusahaan telah memutuskan untuk memaksimalkan penggunaan teknologi Peoplesoft Oracle karena aspek L&D yang selama ini sifatnya tatap muka, dapat disederhanakan menggunakan pembelajaran yang sifatnya daring (online) beserta seluruh prosesnya yang dapat terintegrasi. Penelitian ini menggunakan metode Digital Maturity Model dari Deloitte bekerjasama dengan TM Forum yang prakteknya telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan dengan skala multinasional. Penelitian ini menggunakan gabungan dari metode kualitatif dengan in-depth interview dengan perwakilan karyawan perusahaan dan kuantitatif menggunakan kuesioner secara online untuk mendapatkan pandangan dan wawasan terhadap kondisi perusahaan saat ini. Hasil dari kuesioner diolah menggunakan software SPSS yaitu Uji Validitas menggunakan Korelasi Pearson dan Uji Reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Pada penelitian ini, terdapat temuan bahwa PT. Indo-Rama Synthetics Tbk berada pada tahap “emerging” dan perusahaan telah memiliki rencana agar proses L&D dapat beralih ke digitalisasi. Oleh karena itu, peneliti akan memberikan analisa lebih detail terhadap business plan perusahaan yang meliputi kapabilitas bisnis, analisa gap, peta jalan transformasi digital perusahaan dan perencanaan keuangan sesuai dengan temuan dari proses maturity saat ini dan yang akan datang. Diharapkan, perusahaan dapat mampu untuk mengevaluasi penggunaan Peoplesoft Oracle dan dapat diputuskan untuk mengimplementasikan proses transformasi digital tersebut. Hasil dari proyek transformasi digital ini berupa rancangan SOP baru yang peneliti rancang untuk perusahaan, yaitu dari aspek HR (LMS). Bagi pelaku bisnis, penelitian ini diharapkan dapat membantu pemimpin dalam mengambil keputusan mengenai kesiapan perusahaan beserta seluruh aspek pendukungnya dalam mengimplementasikan transformasi digital pada aspek L&D. Bagi Akademis, proyek transformasi digital ini dapat menjadi masukan dalam proses pembuatan business plan menggunakan tools dari akademisi terdahulu serta membantu perusahaan dalam memetakan langkah-langkah menuju transformasi digital.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Uncontrolled Keywords: Industry 4.0, Peoplesoft Oracle, Digital Maturity Model, Learning and Development, Digital Transformation Project
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Magister Manajemen Teknologi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2020 11:17
Last Modified: 04 Dec 2020 11:17
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/15193

Actions (login required)

View Item View Item