Analisis Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Compatibility, Subjective Norm, Perceived Risk, Perceived Trust and Perceived Cost terhadap Behavioral Intention Telaah pada Linkaja

Kelvin, Kelvin (2020) Analisis Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Compatibility, Subjective Norm, Perceived Risk, Perceived Trust and Perceived Cost terhadap Behavioral Intention Telaah pada Linkaja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (788kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (779kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (314kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Jumlah pengguna smartphone dan pengguna internet terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang sudah semakin maju dan memunculkan bisnis fintech tumbuh dan marak di Indonesia. Sektor payment merupakan salah satu bisnis dalam bidang fintech yang memiliki nilai pembayaran digital terbesar di Indonesia. Salah satu sektor payment di Indonesia yang merupakan mobile payment pertama di Indonesia adalah Tcash. Akan tetapi seriring berjalannya waktu Tcash mulai ditinggalkan dan tersaingi oleh mobile payment lainnya seperti OVO, Gopay, dan Dana. Oleh karena itu, pada tanggal 22 Febuari 2019 Tcash dikonversi menjadi layanan mobile payment Linkaja. Akan tetapi setelah Tcash dikonversi menjadi Linkaja, masih belum dapat menggeser OVO, Gopay, dan Dana. Padahal Linkaja sudah memiliki fitur-fitur serta kemudahan yang lebih baru, memiliki kelebihan dibandingkan mobile payment lainnya, serta merupakan milik provider Telkomsel yang merupakan provider pengguna terbanyak di Indonesia dan milik BUMN. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis ingin meneliti faktor apa saja yang dapat membuat pengguna Linkaja yang sebelumnya pernah menggunakan berniat untuk menggunakan kembali Linkaja. Peneliti menerapkan teori Technology Acceptance Model (TAM) dengan variabel perceived usefulness, perceived ease of use, compatibility, subjective norm, perceived risk, perceived trust, dan perceived cost untuk mengetahui apakah variabel tersebut memiliki pengaruh terhadap behavioral intention telaah pada Linkaja. Penelitian ini menggunakan delapan hipotesis yang telah diuji menggunakan Strcutrual Equation Model (SEM), dimana sampel dalam penelitian ini berjumlah 185 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner secara online. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara perceived usefulness, compatibility, subjective norm, perceived trust terhadap behavioral intention. Kemudian juga terdapat hubungan positif antara perceived ease of use terhadap perceived usefulness serta terdapat hubungan negatif antara perceived risk dan perceived cost terhadap behavioral intention. Kemudian dalam penelitian ini dtemukan hubungan yang tidak signifikan antara perceived ease of use dan perceived cost terhadap behavioral intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: mobile payment, perceived usefulness, perceived ease of use, compatibility, subjective norm, perceived risk, perceived trust, perceived cost, dan behavioral intention
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.5 Management of Production > 658.56 Management Product Analysis
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 04 Dec 2020 08:17
Last Modified: 24 Jun 2023 03:25
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15440

Actions (login required)

View Item View Item