Pola Hubungan Antara Green Marketing Communication, Environment Consciousness, & Purchase Decision pada Produk Pakaian dan Air Minum Dalam Kemasan Plastik pada Masyarakat Metropolitan Generasi Boomers, X, Y, dan Z

Lestari, Citra Indah and Ariestya, Angga and Dewi, Helga Liliani Cakra (2020) Pola Hubungan Antara Green Marketing Communication, Environment Consciousness, & Purchase Decision pada Produk Pakaian dan Air Minum Dalam Kemasan Plastik pada Masyarakat Metropolitan Generasi Boomers, X, Y, dan Z. Project Report. Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang.

[img] Text
Citra Indah Lestari - LHP 2020-signed.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (827kB)

Abstract

Dengan meningkatnya permintaan konsumen terhadap produk-produk yang memiliki nilai sosial dan lingkungan yang tinggi, produsen pun mulai memproduksi dan memperkenalkan produk-produk yang lebih ramah bagi lingkungan melalui upaya green marketing . Meski telah banyak penelitian yang membuktikan pengaruh positif green marketing terhadap sikap dan perilaku konsumen, penelitian ini memberikan lebih banyak fokus pada elemen promosi dari green marketing sebagai titik berat penelitian komunikasi, dan menawarkan nilai tambah dengan melihat faktor kesadaran lingkungan ( environment consciousness ) konsumen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan mix metodologi, yaitu survey kuantitatif dan focus group discussion kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa kesadaran lingkungan sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk pakaian hijau bagi semua generasi. Hanya yang berkesadaran lingkungan tinggilah yang memutuskan membeli pakaian hijau, meski harga dan trend masih menjadi pertimbangan utama bagi generasi X dan Z. Di lain pihak, pada produk AMDK hijau, kesadaran lingkungan justru terbangun dengan adanya produk dan promosi AMDK hijau. Namun, kesadaran tersebut tidak secara langsung memengaruhi keputusan pembelian. Pada kedua produk, promosi menjadi unsur marketing hijau yang penting, terutama untuk menyampaikan misi ( purpose ) produk hijau. Penelitian ini juga menemukan bahwa kesadaran lingkungan generasi Y dan Z sangat tinggi. Namun, dalam implementasinya, generasi Z masih dibatasi oleh kemampuan finansial dibandingkan dengan generasi Y.

Item Type: Report (Project Report)
Keywords: greenmarketing; greenmarketingcommunication; greenconsumerism; eco-label; environmentalconciousness; pro-environment.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.81 Sales Management
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Mar 2021 09:04
Last Modified: 20 Jan 2023 00:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/15666

Actions (login required)

View Item View Item