Rancang Bangun Website Pembelajaran Bahasa Jepang Menggunakan Metode Fisher Yates Shuffle

Guntur Hutama, Andreas (2021) Rancang Bangun Website Pembelajaran Bahasa Jepang Menggunakan Metode Fisher Yates Shuffle. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa Jepang adalah bahasa resmi dari negara Jepang dan digunakan oleh orang-orang Jepang. Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang banyak digunakan di dunia. Seseorang yang memiliki kemampuan berbahasa Jepang termasuk yang paling banyak dicari. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Jepang yaitu menggunakan web. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk membuat website pembelajaran bahasa Jepang. Website ini menyajikan pembelajaran dengan pengenalan dasar bahasa Jepang berisi kosakata dalam bentuk abjad Jepang, romaji serta artinya. Terdapat pula soal-soal kuis yang dapat dikerjakan oleh pengguna untuk melatih kemapuan serta mengevaluasi hasil pembelajaran. Soal-soal yang akan diberikan kepada pengguna akan diacak menggunakan metode fisher yates shuffle. Perancangan dan pembuatan website ini menggunakan framework Code Igniter dan bahasa pemrograman PHP. Setelah website selesai dibuat, website akan diuji coba oleh pengguna. Kuisioner digunakan untuk menguji kepuasan pengguna yang akan diukur dengan menggunakan skala likert. Sebagai hasilnya, pengguna setuju bahwa website Nihongo Yasashii sesuai untuk mengenalkan dan belajar dasar bahasa Jepang dengan persentase skor sebesar 82,5%. Untuk aspek kepuasan, pengguna puas dalam menggunakan website Nihongo Yasashii dengan persentase skor sebesar 85%. Untuk aspek kemudahan penggunaan aplikasi, pengguna sangat setuju bahwawebsite Nihongo Yasashii mudah dipahami penggunaannya dengan persentase skor sebesar 87%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jepang, Fisher Yates Shuffle, Website Pembelajaran
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial engineering. Management engineering > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik Informatika > Program Studi Informatika
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 21:12
Last Modified: 24 Aug 2021 21:12
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/15759

Actions (login required)

View Item View Item