UMN Knowledge Center

Tingkat Kepuasan Khalayak Generasi Milenial Terhadap Berita Visual Interaktif Storytelling di VIK KOMPAS.COM pada Wilayah Tangerang Kota

Aulia, Nabilatul (2021) Tingkat Kepuasan Khalayak Generasi Milenial Terhadap Berita Visual Interaktif Storytelling di VIK KOMPAS.COM pada Wilayah Tangerang Kota. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kini sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat. Pada era digital saat ini, media terbantu dalam mengembangkan bentuk komunikasi baru, seperti longform journalism atau visual interaktif storytelling yang dimanfaatkan oleh beberapa media online di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan khalayak generasi milenial dalam membaca berita visual interaktif storytelling di VIK Kompas.com. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif (numerik) yang bersifat deskriptif, di mana hanya mengkaji suatu fenomena dan memaparkan peristiwa (satu variabel), tanpa menjelaskan mengapa atau bagaimana hubungan sebab-akibat hal tersebut terjadi. Variabel yang akan diteliti oleh peneliti adalah seberapa besar tingkat kepuasan khalayak terhadap berita visual interaktif storytelling di VIK Kompas pada generasi millennial di wilayah Tangerang Kota/Raya. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications yang di dalamnya terdiri dari Gratification Discrepancy (Kesenjangan Kepuasan) oleh Palmgreen, kemudian tingkat kepuasan diukur melalui Gratification Sought (kepuasan yang dicari) dan Gratification Obtained (kepuasan yang diperoleh), serta menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test karena tidak memenuhi syarat uji parametrik (uji normalitas). Pengumpulan data menggunakan metode survei yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara online (daring) melalui google form dalam menjangkau pertanyaan dan responden yang banyak dalam waktu yang singkat. Berdasarkan hasil pada penelitian, berita visual interaktif storytelling di VIK Kompas.com memenuhi kepuasan khalayak generasi milenial dan memenuhi lima indikator, General Information Seeking, Decisional Utility, Entertainment, Interpersonal Utility, dan Parasocial Interaction.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: Visual Interaktif Storytelling, VIK Kompas.com, Generasi Milenial, Kepuasan Khalayak
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30 Strategic Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 16:45
Last Modified: 24 Aug 2021 16:45
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/15790

Actions (login required)

View Item View Item