UMN Knowledge Center

Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kebijakan Utang (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)

Al Huda, Husni (2021) Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kebijakan Utang (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kepemilikan manajerial, kebijakan dividen yang diproksikan dengan Dividend Payout Ratio (DPR), profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA), ukuran perusahaan, dan pertumbuhan perusahaan terhadap kebijakan utang yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER). Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kebijakan utang penting diketahui oleh perusahaan agar dapat menetapkan kebijakan utang yang tepat. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 11 perusahaan yang tergolong sektor manufaktur yang secara berturut- turut terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2015-2018, menerbitkan laporan keuangan tahunan dengan tanggal tutup 31 Desember yang telah diaudit oleh auditor independen, menggunakan mata uang Rupiah, memiliki struktur kepemilikan manajerial, memiliki pertumbuhan total aset positif, memiliki laba positif, membagikan dividen tunai, dan tidak melakukan aksi korporasi : share split, reverse split, right issue dan treasury share. Hasil penelitian ini adalah (1) kepemilikan manajerial tidak memiliki pengaruh negatif terhadap kebijakan utang (DER), (2) kebijakan dividen (DPR) memiliki pengaruh positif terhadap kebijakan utang (DER), (3) profitabilitas (ROA) tidak memiliki pengaruh negatif terhadap kebijakan utang (DER), (4) ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh negatif terhadap kebijakan utang (DER), dan (5) pertumbuhan perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap kebijakan utang (DER).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: kebijakan dividen (DPR), kebijakan utang (DER), kepemilikan manajerial, pertumbuhan perusahaan, profitabilitas (ROA), ukuran perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Bisnis > Program Studi Akuntansi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 17:50
Last Modified: 24 Aug 2021 17:50
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/15802

Actions (login required)

View Item View Item