Perancangan Warna untuk Menunjukkan Perubahan Suasana dalam Film Animasi

Wilbert Herjaya, Jason (2020) Perancangan Warna untuk Menunjukkan Perubahan Suasana dalam Film Animasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (704kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (380kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (113kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (692kB)

Abstract

Salah satu aspek visual terpenting dalam pembuatan animasi adalah warna, dimana hasil dari perancangan warna dapat mempengaruhi emosi yang dirasakan oleh penonton ketika melihat sebuah film. Setiap warna memiliki sejumlah arti, dan kombinasi dari warna-warna tersebut akan memberikan suatu impresi ketika dilihat secara bersamaan dalam sebuah shot. Impresi tersebut dapat dibilang sebagai suasana. Salah satu keunggulan sebuah animasi ialah mempunyai kebebasan dalam pemilihan warna. Namun, kebebasan tersebut artinya ada banyak sekali pilihan, sehingga seseorang dapat kewalahan dalam menentukan warnanya. Maka, letak permasalahannya ada di bagaimana merancang sebuah warna, yang akan memberikan suasana tertentu. Untuk itu, penulis memutuskan untuk meneliti ini. Penulis mencoba untuk merancang tiga suasana dalam film animasi 2D "Mainkref in Jakarta", yaitu suram, tegang, dan bersemangat. Cara penelitian perancangan ini adalah dengan mengambil tiga referensi film animasi maupun live-action yang memiliki konteks scene serupa dengan kesuraman, ketegangan, dan bersemangat. Warna di scene film referensi tersebut akan menjadi acuan penulis untuk merancang suasana suram, tegang, serta bersemangat di "Mainkref in Jakarta". Penulis kemudian meneliti saturation, value, serta color psychology sebagai acuan dalam merancang warna dan memilih scene dengan suasana suram, tegang, dan bersemangat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: animasi, warna, suasana
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 21:37
Last Modified: 20 Oct 2023 00:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16042

Actions (login required)

View Item View Item