Persepsi Audiens Terhadap Berita dengan Konsep Immersive Journalism Di CNN Indonesia TV

Jocelyn Nathania, Jocelyn Nathania (2021) Persepsi Audiens Terhadap Berita dengan Konsep Immersive Journalism Di CNN Indonesia TV. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (491kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (233kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (647kB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (301kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dalam dunia jurnalistik khususnya televisi selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Hal ini membuat sejumlah media televisi di Indonesia terus-menerus berinovasi menciptakan dan menerapkan teknologi yang terkini. Selain perkembangan teknologi, konsep-konsep jurnalistik yang diterapkan di sejumlah media pun semakin bervariasi, salah satunya ialah konsep immersive journalism. Immersive journalism menjadi salah satu inovasi yang diterapkan dalam dunia reportase jurnalistik dimana pembawa berita (news anchor) mendalami perannya seakan-akan masuk ke dalam berita yang dibawakan. Untuk mendukung penerapan konsep immersive journalism, salah satu media yakni CNN Indonesia TV menggunakan teknologi Augmented Reality (AR).Yang akan diteliti adalah media televisi CNN Indonesia, CNN Indonesia merupakan salah satu yang media berbasis audiovisual yang pada tahun 2015 akhirnya mencoba menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) pada program beritanya guna menerapkan konsep immersive journalism. Setelah tiga tahun menggunakan teknologi ini, CNN Indonesia sudah mendapatkan sejumlah penghargaan atas penerapan teknologi AR yang mereka gunakan untuk sejumlah programnya. Teknologi ini digunakan untuk membuat konten berita atau feature khususnya pada program berita, talkshow, dan program-program lainnya menjadi lebih berkualitas dan juga kreatif, sehingga disukai oleh penonton. Ditemukan beberapa penelitian terdahulu yang pernah membahas tentang pemanfaatan konsep immersive journalism dalam dunia jurnalistik. Namun lebih dari sekadar mengetahui penerapannya, peneliti akan mengulik lebih dalam persepsi audiens atau khalayak di Jabodetabek yang merupakan penonton setia CNN Indonesia TV terkait penayangan program berita yang menggunakan konsep immersive journalism.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Immersive journalism, Augmented Reality, CNN Indonesia TV, khalayak
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 13:38
Last Modified: 16 Jun 2023 23:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16405

Actions (login required)

View Item View Item