Alur Kerja Video Producer di Kompas.com

Elizabeth, Nissi (2021) Alur Kerja Video Producer di Kompas.com. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (541kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (136kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Media online kini memanfaatkan media sosial sebagai multiplatform dalam penyebaran berita. Generasi yang lahir di tahun 1980-an memantau informasi terkini dari linimasa pada media sosial seperti Twitter, Instagram, YouTube, dan lain-lain. Media pun dapat menyajikan berita secara multimedia, seperti foto, video, hingga grafik. Kompas.com merupakan salah satu media online yang juga memanfaatkan media sosialnya untuk menjangkau audiens. Media sosial yang paling berpengaruh terhadap traffic situs Kompas.com adalah YouTube (34,8%) yang menyajikan konten berita dalam format video. Sementara itu, berdasarkan riset The Associated Press (AP) Amerika Serikat, sebanyak 96% responden Indonesia mengatakan output video membuat mereka lebih memahami sebuah berita. Penulis memilih dan diterima Kompas.com untuk melaksanakan kerja magang sebagai video producer di kanal YouTube Kompascom Reporter on Location (KROL). Periode magang penulis yang resmi terhitung kampus adalah 14 Agustus - 14 November 2020 (67 hari kerja). Selama melakukan kerja magang, penulis menjalani alur produksi mulai dari tahap persiapan, tahap pembuatan, hingga tahap penyelesaian. Tahap persiapan terdiri dari penyusunan naskah dan pengumpulan footage. Tahap pembuatan adalah penggabungan elemen gambar, suara, dan grafis. Tahap penyelesaian adalah exporting video kemudian mengunggahnya ke YouTube.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: alur kerja, video producer, Kompas.com, Kompascom Reporter on Location
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 20:22
Last Modified: 15 Jun 2023 03:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16486

Actions (login required)

View Item View Item