Perancangan Kampanye Sosial Konsumsi Makanan Berserat bagi Remaja 15-19 Tahun

Eveline Yovita, Gisela (2021) Perancangan Kampanye Sosial Konsumsi Makanan Berserat bagi Remaja 15-19 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (296kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (14kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (362kB)

Abstract

Konsumsi makanan berserat tentunya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh menurunkan risiko terkena penyakit degeneratif. Namun sangat disayangkan bahwa berdasarkan data Riskesdas 2018, 95.5% masyarakat Indonesa berusia 5 tahun ke atas kurang mengonsumsi serat buah dan sayur sebanyak 5 porsi per harinya. Tentunya diperlukan peningkatan konsumsi makanan berserat bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi remaja. Dalam hal ini, golongan remaja mengalami fase perubahan perilaku, termasuk perilaku konsumsi dan mampu menentukan pilihan mereka sendiri. Pola konsumsi menjadi tidak teratur yang cenderung mengarah ke pola makan yang kurang sehat (Adriani & Wirjatmadi, 2016). Tentunya hal tersebut memengaruhi jumlah asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan, dibutuhkannya kampanye sosial yang bertujuan untuk mengajak remaja dalam meningkatkan konsumsi makanan berserat harian sesuai anjuran yang diberikan. Hal ini diperlukan agar remaja semakin menjaga kesehatan dan sebagai upaya dini terhindar dari penyakit degeneratif. Dalam penelitian ini dilakukan pengumpulan data kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Kemudian data kualitatif meliputi wawancara dengan 2 dokter ahli gizi, studi eksisting, dan studi referensi. Setelah pengumpulan data, penulis melakukan analisis, merancang konsep desain, proses desain, hingga mengimplementasikan hasil desain tersebut ke dalam perancangan kampanye sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: makanan berserat, kampanye, remaja
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 641 Food and Drink > 641.3 Food
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 17:52
Last Modified: 05 Sep 2023 00:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16646

Actions (login required)

View Item View Item