Analisis Sentimen Opini Pengguna Twitter terhadap Product Endorsement oleh Influencer Indonesia dengan Metode Naive Bayes

Saputra, Alvin (2021) Analisis Sentimen Opini Pengguna Twitter terhadap Product Endorsement oleh Influencer Indonesia dengan Metode Naive Bayes. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (676kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (630kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Strategi Influencer Marketing sangat berpengaruh dan sangat penting bagi kelangsungan bisnis yang bergerak didunia digital. Dengan memanfaatkan bantuan dari influencer, bisnis dapat memperluas pemasaran dan mudah untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Dari tahun 2015 sampai 2019 terjadi kenaikan secara global terkait penggunaan influencer sebagai strategi marketing sebesar 289%. Dengan melakukan analisis sentimen, pelaku bisnis dapat melihat seberapa besar pengaruh yang dihasilkan dari pengunaan jasa endorsement oleh influencer. Respon atau opini publik terhadap produk dan brand yang diiklankan tersebut apakah cenderung positif, negatif, atau netral. Penelitian ini menggunakan dataset yang diambil langsung dari Twitter yang diambil dengan teknik web scrapping dan dijadikan sebagai objek penelitian. Data tweet dari Twitter akan menjadi alat pengukuran dan pengujian untuk membangun model sentiment analysis dengan bantuan metode machine learning Naive Bayes. Model menggunakan metode Naive Bayes menghasilkan tingkat akurasi sebesar 75% dan dituangkan ke dalam bentuk dashboard visualisasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Influencer Marketing, Machine Learning, Naive Bayes, Opinion Mining, Sentiment Analysis, Twitter
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 16:29
Last Modified: 02 Aug 2023 06:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16660

Actions (login required)

View Item View Item