Perancangan Kampanye Sosial untuk Mencegah Perilaku Body Shaming pada Remaja Usia 17-21 Tahun di Jakarta

Marcia, Graciella (2021) Perancangan Kampanye Sosial untuk Mencegah Perilaku Body Shaming pada Remaja Usia 17-21 Tahun di Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (243kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (993kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (846kB)

Abstract

Body shaming adalah perbuatan mengkritik atau mengomentari secara negatif penampilan fisik orang lain. Body shaming dapat mengakibatkan depresi, minder, hingga gangguan makan bagi korbannya. Body shaming biasa terjadi pada remaja yang cenderung memperhatikan penampilan dalam masa pencarian jati diri. Ditambah lagi, remaja terpapar standar ideal masyarakat dalam media massa. Di Indonesia, kasus body shaming sudah menembus angka 966 kasus sepanjang tahun 2018. Body shaming dapat berdampak kepada siapa saja hingga ke publik figur. Hal ini disebabkan adanya kesalahan persepsi remaja yang menganggap bahwa body shaming adalah hal yang wajar dilakukan. Oleh karena itu, dibutuhkan kampanye sebagai sarana edukasi untuk mencegah perilaku body shaming yang terjadi pada remaja. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan secara kualitiatif berupa wawancara, focus group discussion, studi literatur, dan studi referensi. Dari hasil penelitian, penulis menemukan bahwa seseorang harus lebih berempati kepada orang lain agar tidak mengomentari secara negatif penampilan fisik orang lain. Penulis menggunakan metode perancangan kampanye Ostegaard dan strategi komunikasi AISAS secara bertahap yang diimplementasikan secara visual melalui berbagai media sesuai preferensi target. Penulis berharap dengan perancangan kampanye ini dapat mengubah persepsi dan sikap remaja terhadap fenomena body shaming sehingga dapat mencegah perilaku body shaming yang terjadi di masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: body shaming, remaja, kampanye
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 16:59
Last Modified: 03 Oct 2023 05:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16817

Actions (login required)

View Item View Item