UMN Knowledge Center

Perancangan Music Scoring untuk Mempengaruhi Emosi Penonton pada Video Komersial Living Works

Agustina, Neysa (2021) Perancangan Music Scoring untuk Mempengaruhi Emosi Penonton pada Video Komersial Living Works. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
LAMPIRAN.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berisi tentang perancangan music scoring untuk video komersial Living Works yang menjual produk peralatan dapur dan alat makan untuk kalangan menegah atas, khususnya pasangan muda yang baru menikah yang tinggal di apartemen. Dalam penelitian ini, penulis berkedudukan sebagai music director. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendorong penjualan produk dari Living Works. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan cara memastikan emosi yang ditimbulkan oleh music scoring yang dibuat sesuai dengan profil dari target market. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan observasi. Penulis membuat music scoring mengacu pada video komersial IKEA sebagai referensinya. Dengan dilakukannya penelitian ini, hubungan antara elemen musikal dan emosi manusia dapat diidentifikasi dengan jelas. Dengan demikian, menjadi mungkin untuk merancang sebuah lagu yang dapat menimbulkan emosi spesifik sesuai dengan tujuan lagu tersebut. Musik yang dirancang memiliki genre edm dan pop dan ditulis dengan format midi pada program Fruity Loops Studio. Proses pengerjaan music scoring dikerjakan oleh penulis lirik, music composer, penyanyi, dan sound engineer yang dipimpin langsung oleh penulis sebagai music director.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Uncontrolled Keywords: musik, music scoring, sound design, music director, emosi, iklan, emosi dalam musik, musik dalam iklan
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts
Divisions: Fakultas Seni dan Desain > Program Studi Film dan Televisi
SWORD Depositor: mr admin umn
Depositing User: mr admin umn
Date Deposited: 24 Aug 2021 17:55
Last Modified: 24 Aug 2021 17:55
URI: http://kc.umn.ac.id/id/eprint/16869

Actions (login required)

View Item View Item