Proses Kerja Jurnalis Hiburan dalam Memproduksi Berita Listicle pada Kanal Hype IDN Times

Sabat, Olivia (2021) Proses Kerja Jurnalis Hiburan dalam Memproduksi Berita Listicle pada Kanal Hype IDN Times. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (144kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (711kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (117kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13MB)

Abstract

Diawali dengan fenomena penny press, Petersen (2011) kini mengartikan jurnalisme hiburan sebagai wacana terstruktur mengenai bintang film, bintang televisi, penyanyi, dan figur publik lainnya dengan memasukkan profil selebritas, foto pemotretan, penampilan dalam karpet merah, dan wawancara selebritas dalam media arus utama. Tidak hanya mengalami perubahan dalam isi pemberitaan, media penyebaran berita hiburan pun ikut berubah seiring perkembangan internet dan media digital. Hal tersebut menimbulkan persaingan yang mendorong munculnya inovasi dalam ragam dan format penyajian konten berita jurnalisme hiburan. Salah satu bentuk inovasinya adalah penyajian berita hiburan ke dalam bentuk listicle. IDN Times merupakan salah satu media di Indonesia yang mengadopsi format listicle dalam penulisan berita, termasuk dalam berita hiburan yang disajikan melalui kanal Hype. Selain menyajikan informasi dalam bentuk daftar atau list, IDN Times juga memanfaatkan unsur multimedia dengan menambahkan foto dan atau video di setiap daftar informasi. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan pada segmentasi pembaca yang merupakan generasi Milenial dan Gen Z. Berdasarkan pernyataan Managing Editor IDN Times Yogie Fadila, Hype merupakan kanal dengan jumlah pengunjung terbanyak di antara semua kanal IDN Times. Dengan demikian, penulis memilih untuk menjalankan praktik kerja magang di kanal Hype untuk menunjang pemberitaan hiburan IDN Times. Selama menjalankan praktik kerja magang, penulis melakukan proses kerja yang tidak jauh berbeda dari apa yang dipelajari dalam perkuliahan, mulai dari melakukan riset dan menentukan fokus tulisan, melakukan liputan secara virtual, mengumpulkan data, melakukan evaluasi, dan menulis liputan. Hanya saja, penulis mengalami perbedaan dan pengalaman baru dalam tahap menulis berita berbentuk listicle. Dengan demikian, laporan ini akan menjabarkan secara detail proses kerja jurnalis hiburan dalam memproduksi berita listicle dalam kanal Hype IDN Times.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Jurnalis hiburan, Kanal Hype, IDN Times, Listicle
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Aug 2021 17:41
Last Modified: 20 Jun 2023 00:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/16900

Actions (login required)

View Item View Item